OVO menjadi salah satu aplikasi dompet digital yang sangat populer di Indonesia. Dengan fitur-fitur canggihnya memudahkan pengguna melakukan transaksi keuangan. Contohnya seperti pembayaran di berbagai merchant, transfer uang kepada teman atau keluarga, dan lain sebagainya. Namun seperti halnya aplikasi teknologi lainnya, OVO bisa menghadapi kendala teknis yang mungkin membuat pengguna tidak bisa transfer uang.
Selain memberikan kemudahan melakukan transaksi, namun tidak jarang aplikasi OVO tidak bisa transfer uang yang membuat beberapa pengguna merasa khawatir. Kejadian gagal transaksi berupa transfer mulai terjadi beberapa waktu belakangan. Hal tersebut dapat terjadi karena sejumlah penyebab sehingga tidak perlu merasa panik dan khawatir sebab ada solusinya.
7 Penyebab Aplikasi OVO Tidak Bisa Transfer Uang
Dengan memakai e-wallet OVO pengguna dapat melakukan pembayaran belanja di aplikasi, e-commerce/toko online, tagihan, hingga transfer uang. Jika terjadi aplikasi OVO tidak bisa transfer uang mungkin karena beberapa penyebab yang membuat masalah tersebut. Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pengguna adalah tidak bisa transfer uang menggunakan aplikasi tersebut. Beberapa penyebab umum mengapa hal ini terjadi antara lain sebagai berikut.
1. Salah Memasukkan Nomor Rekening Tujuan ⚡ |
2. Jaringan Internet Tidak Bagus ⚡ |
3. Data Sampah Aplikasi Mulai Menumpuk ⚡ |
4. Belum Update ⚡ |
5. Belum Menjadi Anggota Akun Premium ⚡ |
6. Saldo Tidak Mencukupi ⚡ |
7. Masalah Teknis Aplikasi ⚡ |
Berikut untuk penjelasan lengkapnya agar bisa dipahami secara jelas.
1. Salah Memasukkan Nomor Rekening Tujuan
Penyebab pertama mungkin membuat tidak bisa transfer uang adalah karena salah memasukkan nomor rekening tujuan. Apabila hal tersebut terjadi secara otomatis data pemilik tidak bisa ditemukan sehingga transaksi langsung gagal. Lakukan pengecekan secara seksama agar benar memasukkan nomor rekening tujuan tersebut. Dengan demikian pengiriman uang menjadi sukses.
2. Jaringan Internet Tidak Bagus
Masalah berikutnya yang cukup sering dialami oleh pengguna adalah jaringan internet buruk yang mengganggu proses penggunaan fitur-fitur OVO. Dalam hal tersebut proses pengiriman uang menjadi terkendala sehingga sering sekali mengalami kegagalan. Agar dapat melakukan transaksi secara optimal dan sukses masuk ke rekening tujuan, Anda harus memastikan mempunyai koneksi internet bagus.
3. Data Sampah Aplikasi Mulai Menumpuk
Setiap pemakaian sebuah aplikasi akan menghasilkan file sampah yang akan selalu bertambah. Apabila cache tidak dibersihkan maka akan mengganggu penggunaan fiturnya sehingga tidak optimal. Penghapusan cache perlu dilakukan secara rutin agar tidak ada kendala sehingga ketika melakukan kirim uang ke rekening bank maupun akun OVO lain menjadi mudah. Aplikasi juga akan semakin cepat memproses penggunaan fitur-fiturnya.
4. Belum Update Aplikasi OVO
Aplikasi yang sudah kedaluwarsa? bisa menyebabkan gagalnya pengiriman sejumlah dana bahkan menggunakan fitur-fitur lainnya. Sistem yang belum diupdate harus segera diperbarui melalui Play Store atau App Store. OVO akan memberikan informasi pembaruan secara up to date kepada setiap pengguna agar bisa selalu menikmati kemudahan transaksi keuangan.
5. Belum Menjadi Anggota Akun Premium
Penyebab yang mungkin terjadi selanjutnya adalah karena akun Anda masih reguler alias belum menjadi member akun premium. Beberapa layanan mungkin mengalami kendala pada akun biasa sehingga menyebabkan berbagai kegagalan. Dengan menjadi anggota akun premium diharapkan kendala tidak bisa transfer uang dapat diatasi. Maka dari itu segera upgrade secara mudah langsung melalui aplikasinya.
6. Saldo OVO Tidak Mencukupi
Untuk melakukan transfer uang pengguna harus memiliki saldo yang cukup di akun OVO mereka. Jika saldo tidak mencukupi maka pengguna tidak akan dapat melakukan transfer uang. Oleh karena itu penting bagi pengguna untuk selalu memeriksa saldo OVO mereka sebelum melakukan transaksi.
7. Masalah Teknis Aplikasi
Kadang-kadang aplikasi bisa menghadapi kendala teknis yang membuat pengguna tidak bisa transfer uang. Misalnya mungkin terjadi gangguan pada server atau ada pembaruan yang belum diinstal aplikasi. Dalam hal ini, solusinya adalah dengan melakukan pembaruan ke versi terbaru atau menghubungi Customer Service untuk mendapatkan bantuan.
Cara Mengatasi Aplikasi OVO Tidak Bisa Transfer Uang
Gagal mengirimkan uang tentu akan memberikan rasa khawatir dan panik, terlebih jika dibarengi dengan berkurangnya nominal saldo. Anda tidak perlu takut lagi, sebab ada cara mengatasi aplikasi OVO tidak bisa transfer uang tersebut. Berikut ulasannya.
1. Menggunakan Internet yang Cepat dan Stabil
Cara pertama adalah dengan mencoba menggunakan jaringan internet yang lebih cepat dan stabil. Sebagai contoh lakukan tips penguncian jaringan 4G atau 5G pada smartphone ketika melakukan transaksi. Anda juga dapat mengganti koneksi data seluler menjadi WiFi agar penerimaan data besar semakin cepat.
2. Melakukan Pembaruan Aplikasi
App yang kedaluwarsa membuat Anda mengalami kendala penggunaan OVO secara optimal sehingga perlu melakukan pembaruan secara cepat. Berikut tutorial update selengkapnya.
- Buka Play Store atau App Store di HP
- Masukkan kata kunci OVO di kolom pencarian
- Tekan tombol Update
- Tunggu beberapa saat sampai app terpasang
- Selesai
3. Logout Akun
Mencoba logout atau keluar akun OVO Anda. Cobalah menunggu beberapa saat kemudian login atau masuk kembali lalu melakukan transaksi seperti biasanya. Cara ini biasanya berhasil pada beberapa pengguna sehingga dapat mencoba menerapkannya. Menunggu login kembali seperti melakukan refresh atau penyegaran agar semua berjalan kembali normal.
4. Menghapus File Sampah Aplikasi
File cache yang menumpuk mengakibatkan tidak berjalan secara maksimal. Lakukan pembersihan file sampah secara berkala dengan ikuti cara di bawah ini.
- Buka menu Pengaturan
- Tekan opsi Manajemen Aplikasi
- Pilih OVO
- Klik Penggunaan Data
- Tekan tombol Hapus Cache
- Selesai
5. Menunggu Maksimal 3-5 Jam Setelah Transaksi
Ketika mengalami kegagalan dalam bertransaksi, mungkin saja terjadi karena sedang ada perbaikan sistem baik di aplikasi OVO maupun di bank tujuan. Dengan begitu tunggu 3-5 jam setelah transaksi tersebut. Biasanya setelah waktu tersebut pengiriman uang akan diproses dan berhasil. Oleh sebab itu jangan terlalu panik dahulu dengan menunggu.
6. Menghubungi Customer Service
Jika sudah mencoba cara mengatasi masalah seperti diatas namun belum juga berhasil, hubungi Customer Service OVO agar dapat dibantu langsung. Sampaikan permasalahan kepada pihak CS melalui nomor telepon, email, atau media sosial. Nomor telepon yang dapat dihubungi ada di 1500-696 dimana akan membantu customer setiap hari (Senin-Minggu). Layanan ini juga buka selama 24 jam.
Tips Menghindari Masalah Tidak Bisa Transfer Uang
Selain mengatasi masalah transfer uang yang sudah terjadi pengguna OVO juga dapat menghindari masalah serupa dengan mengikuti beberapa tips dan trik berikut.
1. Menghindari Penggunaan Aplikasi OVO dalam Jaringan yang Tidak Stabil
Pastikan menggunakan aplikasi dalam jaringan internet yang stabil dan cepat untuk menghindari gangguan dalam transfer uang.
2. Menjaga Saldo OVO Mencukupi
Selalu periksa saldo sebelum melakukan transaksi untuk memastikan saldo mencukupi untuk melakukan transfer uang. Menghindari saldo yang tidak mencukupi akan mengurangi risiko gagalnya transfer uang.
3. Menghindari Kesalahan Mengisi Data Saat Bertransaksi
Pastikan memeriksa dengan teliti data yang dimasukkan saat melakukan transfer uang, seperti nomor rekening atau nominal transfer, untuk menghindari kesalahan yang dapat menghambat transfer.
4. Rutin Memeriksa Pembaruan Aplikasi OVO
Selalu periksa pembaruan dan pastikan selalu menggunakan versi terbaru untuk menghindari masalah teknis yang dapat muncul dalam penggunaan aplikasi.
Penutup
Itu dia ulasan mengenai masalah aplikasi OVO tidak bisa transfer uang yang terkadang membuat pengguna merasa panik. Dengan mengatasi kendala tersebut melalui sejumlah tips maka Anda kembali melakukan transaksi sampai berhasil atau sukses. Apabila telah melakukan tips diatas secara menyeluruh namun belum bisa, maka lebih baik datang langsung ke kantornya. Agar bisa dibantu secara menyeluruh dan bisa mengatasi semua masalahnya.
Baca Juga
- 4 Cara Menghapus History Transaksi OVO Android dan iOS
- Cara Isi Saldo Taxsee Driver Maxim Lewat OVO Mudah dan Praktis Terbaru
- 6 HP Samsung Fitur NFC Terbaik Harga Terjangkau
- 8 Aplikasi Mencari Teman Luar Negeri Terbaik
- 3 Cara Reset HP Realme ke Pengaturan Pabrik yang Mudah