4 Aplikasi Penguat Sinyal Terbaik Agar Tetap Stabil

Aplikasi Penguat Sinyal – ppdbkepri.id. Sebagus apapun sebuah HP tidak lengkap jika sinyalnya tidak bagus. Sinyal lemah memang mengganggu saat sedang komunikasi jarak jauh melalui internet.

Maka dari itu dibutuhkan sebuah penguat sinyal yang nantinya untuk mempercepat koneksi internet yang digunakan. Namun tidak perlu khawatir karena sudah cukup banyak aplikasi yang bisa digunakan.

Perlu diketahui, bukan berarti ketika menggunakan aplikasi ini dijamin langsung mendapatkan jaringan bagus. Apabila di daerah tersebut memang tidak ada jaringan, maka kondisi tidak bisa dipaksakan.

Aplikasi berikut ini hanyalah berperan sebagai pembantu dan perantaranya saja. Jadi Anda perlu memperhatikan faktor-faktor lainnya sebelum membuat kesimpulan mengenai aplikasi penguat sinyal ini nantinya.

Aplikasi Penguat Sinyal Terbaik Agar Tetap Stabil

Sekilas Tentang Aplikasi Penguat Sinyal

Jika diperhatikan sebenarnya ada beberapa cara memperkuat sinyal pada HP yakni secara eksternal dan internal. Cara eksternal adalah menambahkan perangkat seperti antena tambahan atau stiker penguat sinyal.

Sedangkan cara internal menggunakan aplikasi pendukung ataupun melakukan pengaturan tertentu. Namun sekali lagi cara ini tidak akan terlalu efektif apabila di daerah tersebut memang tidak ada sinyal sama sekali.

4 Aplikasi Penguat Sinyal Terbaik Saat Ini

Ada beberapa aplikasi penguat sinyal yang direkomendasikan oleh ppdbkepri.id saat ini, apa saja itu?

Berikut ulasannya.

1. Connection Stabilizer Booster

Dengan aplikasi Connection Stabilizer Booster terdapat dua mode yang bisa digunakan yakni active reconnect serta active keep alive. Anda bisa memilih salah satu dari opsi tersebut.

Opsi pertama akan membuat koneksi menjadi normal. Sangat berguna ketika terdapat banyak pengguna internet.

Sementara opsi kedua akan membuat koneksi tetap berjalan meskipun tidak aktif menggunakannya.

DOWNLOAD APLIKASINYA

2. Net Optimizer | Optimize Your Internet Speed

Untuk sistem kerja aplikasi Net Optimizer adalah dengan melakukan optimasi kecepatan pada internet yang sedang digunakan.

Selain itu Net Optimizer dapat digunakan membatasi transmisi internet apabila menggunakan koneksi router. Tentunya berguna untuk memecah sebuah kecepatan internet agar tidak tersedot pada satu titik saja.

Aplikasi Net Optimizer tersedia di Google Play Store secara gratis tanpa membayar sedikitpun. Jadi kita bisa menggunakannya tanpa harus takut untuk keluar uang.

DOWNLOAD APLIKASINYA

Net Optimizer: Optimize Ping
Net Optimizer: Optimize Ping
Developer: BGNmobi
Price: Free

3. Speedify

Speedify sebenarnya bukan berfungsi sebagai penguat sinyal melainkan meningkatkan performa koneksi internet. Jadi gunakan jika Anda ingin berselancar di dunia maya dengan nyaman dan lebih luas lagi.

Teknologi channel bonding sudah disematkan pada Speedify sehingga bandwidth bisa ditingkatkan bahkan disambungkan ke 10 koneksi. Akan tetapi agar bisa menggunakannya setidaknya perlu mempunyai 2 koneksi internet.

DOWNLOAD APLIKASINYA

Speedify - Live Streaming VPN
Speedify - Live Streaming VPN

4. Network Cell Info Lite & Wifi

Sesuai namanya Network Cell Info Lite & Wifi akan membantu memperkuat HP dalam memperoleh jaringan sehingga cocok digunakan pada daerah-daerah sulit menemukan sinyal.

Selain untuk internet seluler aplikasinya dapat digunakan pada sinyal Wi-Fi. Namun satu hal perlu diingat adalah akan ada sedikit jeda waktu ketika ingin menyambung ulang.

DOWNLOAD APLIKASINYA

Cara Memperkuat Jaringan Tanpa Aplikasi Tambahan

Untuk pertama akan dijelaskan bagaimana memperkuat jaringan tanpa harus menggunakan aplikasi. Pada dasarnya hal tersebut bisa dilakukan di semua tipe HP yang ada saat ini.

Hanya saja mungkin beberapa menu akan terdapat sedikit perbedaan letaknya. Jadi sesuaikan hal tersebut dengan tipe HP milik Anda lalu ikuti cara-cara berikut ini.

1. Mengecek Sinyal Handphone

Merasa sulit mendapatkan jaringan? Jika iya cobalah melakukan pengecekan terlebih dahulu. Caranya cukup mudah ikuti langkah dibawah ini.

  • Pertama masuk ke menu Pengaturan
  • Lalu pilih About
  • Selanjutnya pilih Network
  • Akan muncul tampilan status sinyal
  • Apabila angka menunjukkan -100dBm artinya kualitasnya buruk sedangkan jika menunjukkan angka -70dBm kualitasnya baik

2. Mengubah ke Mode Pesawat

Meskipun terlihat sederhana namun cara tersebut cukup efektif untuk memperoleh sinyal lebih baik. Caranya adalah ubah HP ke airplane mode setelah itu tunggu selama beberapa detik. Kemudian matikan kembali mode pesawat.

Cara tersebut berfungsi seperti mereset sinyal HP agar bisa seperti semula. Sehingga ada kemungkinan bisa mendapatkan kualitas lebih baik setelah mematikan mode pesawat.

Karena terkadang sebuah sinyal internet membutuhkan mematikan dan menghidupkan kembali agar bisa normal seperti sebelumnya.

3. Membuat Peta Sinyal

Apabila sedang berada di rumah pasti merasakan bahwa kualitas jaringan di ruang tertentu berbeda dengan ruang lainnya. Oleh karena itu cobalah untuk membuat peta sinyal agar tahu lokasi-lokasi paling bagus.

Ini bisa diterapkan di tempat lain seperti tempat kerja sehingga ketika ingin memasang modem bisa mengetahui lokasi terbaik.

4. Mengecek baterai handphone

Ternyata kondisi baterai memiliki pengaruh meskipun tidak terlalu signifikan. Bukan kondisi baterai secara fisik, namun coba cek apakah ponsel Anda sedang menggunakan mode penghemat baterai atau tidak.

Biasanya ketika fitur diaktifkan beberapa fungsi pada HP akan dibatasi salah satunya adalah menerima jaringan sehingga tidak maksimal.

5. Membuka jendela

Sedang berada di ruangan tertutup? Bisa jadi itu adalah salah satu penyebabnya. Cobalah untuk membuka jendela. Cara ini akan membuat sinyal lebih mudah didapatkan.

Selain itu kualitas akan menjadi lebih stabil dibandingkan ketika dalam kondisi tertutup.

Penyebab Sinyal Handphone Lemah

Penyebab Sinyal Handphone Lemah

Setelah mengetahui beberapa cara mengatasi sinyal lemah di atas Anda perlu mengetahui beberapa penyebab kenapa sinyal bisa menjadi lemah. Hal ini bertujuan agar bisa mengantisipasi sesuatu yang tidak diinginkan.

Berikut penyebabnya.

1. Penangkap Sinyal Aus

Jika merasa performa jaringan semakin lama semakin menurun bisa jadi perangkat signal receiver sudah mulai aus. Hal ini sebenarnya sangat wajar terjadi seiring bertambahnya usia gadget.

Untuk mengatasinya Anda bisa mendatangi tempat servis untuk memperbaiki perangkat tersebut. Namun apabila kondisi sudah cukup parah, mau tidak mau memang harus ganti perangkat.

Sebab kita tidak bisa memaksakan sebuah perangkat untuk selalu memberikan yang terbaik setiap waktu. Pasti akan ada masanya harus diganti ataupun kalau bisa diperbaiki kerusakannya tersebut.

2. Kesalahan Sistem

Beberapa HP Android masih memiliki beberapa bug atau permasalahan, salah satunya susahnya mendapatkan jaringan. Biasanya terjadi karena terlalu banyak memasang aplikasi namun jarang melakukan update.

Hasilnya HP menjadi bekerja lebih keras lalu akan berpengaruh pada performa mesin. Jika ini terjadi cobalah menghapus beberapa aplikasi atau melakukan update sistem dan memasang aplikasi penguat sinyal.

3. Traffic Padat

Pernah merasa kecepatan internet menurun atau kesulitan mengirim pesan di saat hari-hari besar? Biasanya ini terjadi ketika hari raya, natal, tahun baru, dan sebagainya.

Hal tersebut wajar terjadi karena pada saat itu traffic sedang sangat padat. Bahkan dalam kondisi tertentu pesan dikirim pada hari itu baru akan terkirim di hari berikutnya.

Apabila menemui masalah jaringan di waktu-waktu ini, maka jangan terlalu khawatir terlebih dahulu. Cobalah mencari ruang terbuka seperti lapangan atau halaman rumah agar lebih mudah menangkap jaringan.

Meskipun hasilnya tidak bisa selalu memuaskan, setidaknya cara ini dapat sedikit membantu kinerja HP. Tentunya agar tidak memakan banyak energi dan membuat HP cepat panas.

Kita tahu bahwa HP terlalu panas akan membuat kinerja tidak lancar dan cepat rusak dikemudian hari nanti. Maka sangat pentingnya menjaga sebuah suhu pada HP ketika sedang digunakan.

4. Terkena Virus

Jika dulu virus hanya menyerang perangkat seperti laptop, saat ini banyak terjadi pada smartphone. Efeknya bermacam-macam, mulai dari pencurian data, performa tiba-tiba lemot, serta kesulitan mendapatkan jaringan.

Di beberapa kasus bahkan virus dapat menyedot data internet karena menjalankan aplikasi tertentu di latar belakang. Hal ini yang membuat koneksi pada saat kita gunakan menjadi berkurang dan akan sangat lemot.

Maka sangat wajib melakukan pengecekan setiap aplikasi ataupun hal yang sekiranya virus bisa ada didalam sebuah HP.

Penutup

Itulah tadi penjelasan aplikasi penguat sinyal dan hal yang terkait dengannya. Mengingat saat ini merupakan era teknologi informasi, bisa dibilang jaringan memang sangat krusial, terlebih jika berhubungan dengan pekerjaan.

Semoga berhasil dan semoga bermanfaat untuk kita semuanya. Jangan lupa untuk selalu tebar kebaikan sekecil apapun selagi kita bisa melakukannya.

Baca Juga

Tinggalkan komentar