2 Cara Cek Bansos Kemensos untuk Warga Miskin

Cara Cek Bansos Kemensos – ppdbkepri.id. Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos) tengah gencar menyalurkan bantuan sosial atau bansos kepada warga kurang mampu. Cara cek bansos banyak dicari belakangan ini, terlebih bagi warga penerima bantuan.

Bantuan sosial diberikan kepada masyarakat kurang mampu yang mengalami risiko sosial dan diberikan dalam bentuk barang hingga uang. Sehingga diharapkan bantuan tersebut dapat membantu perekonomian warga.

Mencari informasi terkait bantuan sosial mulai dari bagaimana cara mengecek bansos Kemensos hingga apa saja persyaratan yang harus dipenuhi rupanya sangat mudah dilakukan. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Cek Bansos Kemensos untuk Warga Miskin

Apa itu Bansos?

Sebelum membahas cara cek bansos Kemensos, pengertian bantuan sosial adalah bantuan yang diberikan kepada keluarga, individu, atau masyarakat tidak mampu, miskin, dan / atau rentan terhadap risiko sosial berupa barang, uang, hingga jasa.

Pemberi bantuan sosial adalah Satuan Kerja pada lembaga atau kementerian Pemerintah Pusat, dan / atau Satuan Kerja Perangkat Daerah di Pemerintah Daerah dimana fungsi dan tugasnya melaksanakan penanggulangan kemiskinan.

Bantuan sosial diberikan oleh pemerintah untuk warga kurang mampu yang datanya sudah terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), dan didaftarkan berdasarkan laporan dari pemerintah lingkup terkecil yakni kelurahan atau desa.

Sehingga apabila ada masyarakat yang merasa kurang mampu dan memerlukan bantuan sosial namun belum terdaftar di dalam DTKS, atau sudah terdaftar di dalam DTKS namun belum pernah diusulkan mendapatkan bansos maka dapat melaporkan diri.

Warga dapat melaporkan diri di lingkup pemerintahan terkecil di wilayahnya seperti RT, RW, kepala dusun, atau lurah, sehingga nantinya bisa diusulkan sebagai salah satu penerima bantuan sosial.

Cara Cek Bansos Kemensos dengan Mudah dan Cepat

Cara cek bansos Kemensos rupanya sangat mudah dilakukan, karena dapat menggunakan beragam cara mulai dari melalui website hingga aplikasi. Simak penjelasan lengkap mengenai langkah-langkahnya di bawah ini :

1. Website cekbansos.kemensos.go.id

Anda dapat mengecek bantuan sosial dari Kemensos melalui website resmi Kemensos di halaman cekbansos.kemensos.go.id. Berikut langkah-langkahnya :

  • Sebelum membuka website, terlebih dahulu siapkan dokumen identitas diri yaitu KK dan KTP
  • Buka Browser
  • Pada address bar¬†tempelkan link website Kemensos berikut ini cekbansos.kemensos.go.id
  • Masukkan wilayah penerima manfaat, mulai dari Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, hingga Desa atau Kelurahan
  • Selanjutnya ketik nama penerima manfaat sesuai dengan data diri di KTP
  • Masukkan empat angka kode captcha di kolom yang tersedia
  • Apabila angka atau kode captcha kurang jelas, klik pada tombol biru refresh untuk mengganti dengan kode lainnya
  • Klik pada tombol Cari Data
  • Apabila Anda sebagai salah satu penerima manfaat, maka nama lengkap akan tertera pada data bansos Kemensos
  • Selesai

2. Aplikasi Cek Bansos

Selain melalui website masyarakat juga dapat melakukan cek melalui aplikasi Cek Bansos. Aplikasinya dapat diunduh dan dipasang secara gratis melalui toko aplikasi Google Play Store.

Aplikasi besutan Kemensos dapat digunakan untuk melihat kepesertaan bansos seperti (PKH, BST, dan BPNT), dan melihat daftar penerima bansos di sekitar wilayah tinggalnya.

Tak hanya itu aplikasi Cek Bansos bisa digunakan untuk mengusulkan tetangga atau diri sendiri apabila dianggap layak menerima bantuan sosial dan layak masuk ke dalam DTKS. Berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama unduh aplikasi di Google Play Store atau klik https://play.google.com/store/apps/details?id=id.go.kemensos.pelaporan&hl=id&gl=US&pli=1
  • Tunggu hingga proses unduhan dan pemasangan aplikasi berhasil
  • Selanjutnya siapkan dokumen identitas diri seperti KK dan KTP
  • Setelah itu masuk ke aplikasi Cek Bansos dan log in
  • Lakukan registrasi menggunakan foto KTP serta foto selfie bersama KTP
  • Lanjutkan dengan memasukkan kode OTP yang telah dikirim ke email, lalu masuk ke dalam aplikasi
  • Pada halaman aplikasi, klik pada menu Cek Bansos
  • Apabila terdaftar, maka nantinya nama Anda akan muncul pada data tersebut
  • Selesai

Persyaratan Penerima Bansos Kemensos

Apabila nama Anda tidak tertera pada daftar, besar kemungkinan disebabkan karena tidak memenuhi persyaratan penerima bantuan sosial dari Kemensos. Lantas apa saja persyaratan penerima bansos dari Kemensos?

  • Merupakan warga rentan miskin atau warga miskin.
  • Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Bukan merupakan aparatur negara atau sipil seperti TNI, ASN, dan Polri.
  • Lantai tempat tinggal berupa tanah.
  • Penerangan listrik di tempat tinggal berdaya 450 watt.

Penyebab Belum atau Tidak Bisa Menerima Bansos Kemensos

Selain itu terdapat beberapa faktor lain yang mungkin menjadi penyebab mengapa nama yang bersangkutan belum atau tidak bisa menerima bantuan sosial dari Kemensos. Berikut beberapa penyebabnya.

1. Kesalahan Ejaan Nama

Penyebab pertama adalah terdapat kesalahan ejaan nama antara KTP dengan buku tabungan atau KKS. Hal ini tentu dapat menjadi salah satu faktor yang menggagalkan warga menerima bansos Kemensos, karena itu periksa kembali ejaan nama dan pastikan telah sesuai.

2. Terdapat Nama Sama

Selain itu terdapat nama sama dalam satu desa juga bisa menjadi faktor penyebabnya. Pasalnya data yang tertera hanya menyebutkan nama penerima saja, sehingga mungkin orang lain yang memiliki nama sama dalam satu desa yang justru menerima bantuan.

3. Perbedaan NIK

Perbedaan NIK antara KTP dengan buku tabungan atau KKS juga bisa mengakibatkan kegagalan, sehingga pastikan Nomor KTP harus sesuai dengan yang tertera di KTP.

4. Termasuk Keluarga Mampu

Apabila Anda dan keluarga dikategorikan sebagai keluarga mampu, maka secara otomatis gagal menjadi penerima bantuan sosial. Pasalnya bantuan sosial ini hanya diperuntukkan bagi warga kurang mampu.

5. Gagal Burekol

Pada beberapa contoh kasus saat pengajuan pembukaan rekening kolektif untuk penerima bantuan sosial, terdapat warga yang gagal burekol karena sudah mempunyai rekening bansos PIP dari Kemendikbud. Jika tidak mungkin disebabkan karena ketidaksesuaian KTP dan KK.

Kelebihan dan Kekurangan Bantuan Sosial

Kelebihan dan Kekurangan Bantuan Sosial

Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan bantuan sosial untuk masyarakat, berikut beberapa kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan

Sebagai Perlindungan Sosial

Bansos ditujukan untuk perlindungan sosial, dimana membantu menangani dan mencegah risiko dari kerentanan sosial kelompok masyarakat, keluarga, hingga individu agar kelangsungan hidupnya dapat terpenuhi.

Sebagai Rehabilitasi dan Jaminan Sosial

Selain itu bansos juga bertujuan mengembangkan dan memulihkan kemampuan masyarakat yang memiliki disfungsi sosial, sehingga nantinya bisa melaksanakan fungsi sosial dengan semestinya.

Sebagai Penanggulangan Kemiskinan

Manfaat bantuan sosial adalah menanggulangi kemiskinan, sehingga dapat dikatakan bansos termasuk kegiatan, program, kebijakan, serta sub kegiatan yang dilakukan terhadap masyarakat kurang mampu guna memenuhi kebutuhan yang layak.

Kekurangan

Kurang Merata

Karena pemerintah melakukan sosialisasi melalui daring, telekonferensi, serta surat edaran kepada KPM (Kelompok Penerima Manfaat), tak heran jika masih banyak penerima manfaat yang tidak mengetahui informasi terkait bantuan sosial ini.

Belum Terintegrasi

Selain itu data KPM PKH serta Program Sembako juga belum terintegrasi, sehingga berakibat pada KPM PKH yang tidak menerima program bantuan.

Penutup

Demikianlah cara cek bansos Kemensos terlengkap yang bisa diikuti untuk melihat apakah mendapatkan bansos atau tidak. Apabila Anda kurang mampu atau miskin namun tidak mendapatkan bansos, harap untuk segera menghubungi pemangku wilayahnya masing-masing.

Baca Juga