3 Cara Cek Garansi HP Oppo Lewat IMEI Online dengan Mudah

Cara Cek Garansi HP Oppo – ppdbkepri.id. Oppo menjadi salah satu brand terpopuler di dunia. Tentu saja Indonesia termasuk negara dengan pembelian HP Oppo terbesar.

Ada banyak fitur menarik dari brand Oppo, salah satunya proses cek garansi yang sangat mudah untuk dilakukan. Mengetahui warranty pada smartphone ini sangat penting untuk dilakukan.

Tujuannya adalah untuk berjaga-jaga apabila smartphone Oppo yang dimiliki tiba-tiba mengalami kerusakan. Sedangkan kerusakan itu bukan disebabkan oleh kesalahan Anda sebagai pengguna.

Dengan demikian maka Anda wajib untuk mengetahui secara lengkap tentang cara cek garansi HP Oppo. Berikut penjelasan ppdbkepri.id yang telah dikemas secara lengkap dan detail.

Cara Cek Garansi Hp Oppo Lewat Imei Online

Apa itu Garansi HP Oppo?

Di Indonesia sendiri masih banyak orang yang salah dalam memahami kata garansi atau warranty. Perlu dipahami garansi berasal dari bahasa Inggris yakni Guarantee yang artinya menjamin.

Ketika pihak Oppo warranty kepada para konsumennya artinya mereka memberikan jaminan kepada para pengguna untuk melakukan perbaikan atau penggantian secara penuh. Garansi ada beberapa tahapannya, tidak semuanya bisa diganti semuanya.

Misalnya membeli salah satu produk HP Oppo di gerai resmi. Kemudian HP tersebut mengalami kerusakan secara tiba-tiba yang bukan dari kesalahan Anda, maka pihak Oppo bertanggung jawab penuh memperbaiki kerusakan tersebut.

Namun kebanyakan beranggapan apabila garansi adalah jaminan bahwa produk sama sekali tidak akan mengalami kerusakan pada jangka waktu yang sudah ditentukan. Ini tentu adalah sebuah pemahaman yang salah.

Kerusakan bisa terjadi kapan saja, baik itu disadari atau tidak disadari. Namun tidak berarti pihak resmi membiarkan produk rusak beredar di pasaran.

Semua produk rilisan HP Oppo sudah mendapatkan pengawasan yang ketat dalam proses produksinya. Apabila terjadi kerusakan tentu saja merupakan sebuah kesalahan yang masih bisa ditolerir.

Dari jutaan produk Oppo di seluruh dunia hanya beberapa ratus saja mengalami kerusakan. Maka dari itu pihak Oppo memberikan garansi apabila memang ada produk yang gagal namun beredar dipasaran.

3 Cara Cek Garansi HP Oppo Lewat IMEI Online Mudah

Proses mengecek garansi HP Oppo tentu saja ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Diantaranya adalah menyiapkan nomor IMEI smartphone terlebih dahulu.

IMEI menjadi syarat utama untuk melakukan pengecekan jaminan resmi. Jika tidak ada IMEI secara otomatis pengecekan tidak bisa dilakukan.

Berikut caranya.

1. Situs Oppo

Setelah mengetahui IMEI dari smartphone masing-masing, langkah selanjutnya adalah mengunjungi situs resmi pengecekan jaminan Oppo. Lalu memasukkan IMEI tersebut pada kolom yang tersedia.

Berikut caranya.

  • Pertama membuka Browser
  • Untuk browsernya merekomendasikan penggunaan Google Chrome
  • Setelah membuka browser langsung saja masuk ke alamat https://support.oppo.com/id/warranty-check/
  • Masukkan nomor IMEI HP Oppo pada kolom yang tersedia
  • Masukkan kode angka pada kolom di bawahnya
  • Kemudian klik Periksa Sekarang
  • Tunggu sejenak hingga situs ini memproses permintaan Anda

Setelah melakukan langkah tersebut secara otomatis situs akan menampilkan status jaminan dari HP Oppo. Dari sini Anda hanya perlu membaca informasi yang ditampilkan pada situs tersebut.

Apabila situs menampilkan status warrantynya masih aktif maka Anda masih bisa mendapatkan jaminan tersebut.

2. Aplikasi My Oppo

Selain cara online di atas ada cara lain yang bisa Anda coba yakni dengan menggunakan aplikasi My Oppo. Aplikasi ini sudah terinstal secara otomatis pada setiap smartphone tersebut.

Berikut caranya.

  • Pertama buka aplikasi My Oppo
  • Lalu klik Layanan Mandiri
  • Pilih Status Jaminan
  • Secara otomatis IMEI akan muncul
  • Masukkan IMEI tersebut pada kolom yang tersedia
  • Masukkan kode verifikasi angka
  • Langsung klik Periksai Sekarang
  • Tunggu sejenak hingga aplikasi selesai memproses permintaan Anda

Informasi mengenai warranty akan muncul secara detail. Disini bisa menentukan langkah apa yang hendak dilakukan setelahnya.

Pada aplikasi My Oppo tidak hanya tersedia layanan cek jaminan, tapi layanan purna jual lain yang tidak kalah bermanfaat untuk Anda.

3. Gerai Oppo

Jika kebingungan dengan cara cek secara online, maka bisa dengan mengunjungi gerai Oppo terdekat di wilayah masing-masing. Namun pastikan untuk membawa berkas yang dibutuhkan untuk pengecekan tersebut.

Jangan lupa untuk mengambil antrian terlebih dahulu karena pasti ada banyak konsumen yang datang berkunjung ke gerai Oppo.

Kebijakan Garansi HP OPPO

Kebijakan Garansi Hp Oppo

Selain memahami cara mengecek garansi HP Opp di atas penting untuk memahami kebijakan dari jaminan Oppo. Dengan memahaminya Anda bisa tahu apa saja persyaratan dan benefit dari layanan jaminan dari brand Oppo.

Untuk pemahaman yang paling dasar Anda harus memahami periode warranty atau jaminan dari produk itu sendiri. Ini dia penjelasannya.

  • Ponsel (termasuk baterai) : 12 Bulan
  • Baterai : 6 Bulan
  • Earphone, Kabel USB, Power Adaptor (dalam kotak) : 6 Bulan
  • Car Charger VOOC : 12 Bulan
  • Power Bank : 12 Bulan
  • Bluetooth Earphone : 12 Bulan

Selain periode tersebut penting juga untuk memahami beberapa komitmen garansi dari Oppo Service Center. Berikut ulasannya.

1. Komitmen Garansi OPPO Service Center

  • Oppo menjamin semua komponen pengganti adalah komponen baru
  • Komponen pengganti juga memiliki jaminan yakni mengikuti sisa warranty awal
  • Untuk penggantian aksesori, jaminan tetap berlaku namun masa garansinya hanya 6 bulan saja sejak tanggal pemasangan

2. Petunjuk dan Prinsip Garansi Oppo

  • Untuk mendapatkan jaminan, konsumen harus memiliki kartu garansi dan faktur dari distributor resmi Oppo
  • Jika kartu dan faktur hilang, jaminan tetap bisa didapat setelah pihak Oppo melakukan riset terhadap tanggal pembelian produk
  • Aksesori seperti pelindung ponsel, kartu garansi dan buku panduan tidak masuk ke dalam garansi resmi ini
  • Produk yang dibeli di luar negeri tidak mendapatkan garansi ini
  • Semua komponen yang diganti menjadi hak milik dari Oppo

3. Penyebab Ketentuan Garansi Tidak Berlaku

  • Garansi tidak berlaku apabila jangka waktunya sudah terlewati.
  • Tidak ada bukti pembelian yang valid atau kartu garansi dan konsumen tidak bisa memberikan bukti lainnya.
  • Kerusakan disebabkan oleh kesalahan pengguna seperti tertekan, terjatuh, terkena cairan, terbakar dan lain sebagainya.
  • Kerusakan disebabkan oleh bencana seperti banjir, kebakaran, gempa bumi dan lain-lain.
  • Kerusakan terjadi akibat tidak mengikuti petunjuk penggunaan.
  • Kerusakan terjadi karena penggunaan aksesoris yang tidak original.
  • Segel service sudah terbuka dan bukan dilakukan oleh pihak resmi dari Oppo.
  • Smartphone sudah mengalami Rooting.

Penutup

Jika kerusakan terjadi karena beberapa alasan di atas maka secara otomatis garansi sudah tidak berlaku. Meskipun Anda mendapati garansi masih aktif ketika cek Garansi HP Oppo dilakukan maka garansi tersebut dianggap batal.

Semoga bisa bermanfaat dan menambah informasinya.

Baca Juga