Cara Cek Garansi HP Realme dan Syarat yang Harus Dipenuhi

Cara Cek Garansi HP Realme – ppdbkepri.id. Realme adalah salah satu brand smartphone terpopuler di Indonesia. Banyak sekali pecinta teknologi dalam negeri yang menggunakan brand satu ini.

Selain memiliki fitur keren dengan harga terjangkau, cara cek garansi HP Realme ini juga terbilang sangat mudah dilakukan. Maka tidak heran apabila banyak yang memilih brand Realme untuk digunakan sehari-hari.

Anda bisa melakukan beberapa cara sederhana untuk mendapatkan informasi terkait garansi tersebut. Namun tentu saja ada proses dan data yang harus dimasukkan ketika pengecekan hendak dilakukan.

Tapi secara keseluruhan cara pengecekan garansi HP Realme benar-benar mudah dan cepat. Serta dan pastinya bisa dilakukan sendiri, tanpa harus pergi ke service centernya langsung.

Cara Cek Garansi Hp Realme Dan Syarat Yang Harus Dipenuhi

Apa itu Garansi

Garansi adalah kata serapan dari bahasa Inggris, aslinya ditulis guarantee yang artinya menjamin. Dalam terminologi bahasa Indonesia, kita bisa mengartikannya sebagai jaminan.

Artinya pihak produsen memberikan jaminan kalau produk dari mereka sama sekali tidak akan mengalami kerusakan dalam jangka waktu tertentu. Apabila terjadi kerusakan dalam jangka waktu tersebut, konsekuensinya adalah pihak produsen menanggung penuh segala biaya ditimbulkan akibat kerusakan tersebut.

Bahkan tidak jarang dilakukan penggantian unit baru apabila memang barang tersebut sudah cacat dari pabrik. Namun tentu saja ada beberapa persyaratan harus dipenuhi oleh pengguna ketika mengharapkannya.

Apabila syarat-syaratnya dipenuhi dengan baik, secara otomatis akan dipenuhi oleh pihak produsen. Tapi jika tidak, tentu saja tidak ada jaminan apapun akan didapat oleh para konsumen.

2 Jenis Garansi Produk Realme

Perlu dipahami, ada 2 jenis garansi yang diberikan kepada konsumen ketika mereka melakukan pembelian produk Realme. Garansi pertama adalah garansi resmi. Sedangkan jenis lainnya adalah garansi distributor atau toko.

Penting bagi Anda untuk mengenal kedua jenis garansi tersebut agar tidak melakukan kesalahan ketika melakukan klaim kedepannya. Agar lebih mudah dalam memahaminya mari kita bahas kedua jenis jamaican produk smartphone ini satu persatu.

1. Garansi Resmi

Jaminan resmi ini datang dari produsen secara langsung, mereka yang melakukan pembelian produk baru pasti mendapatkan satu ini. Umumnya garansi yang diberikan adalah 12 bulan tepat setelah tanggal pembelian.

Jadi jika membeli produk Realme tepat pada tanggal 1 Januari 2021, akan habis pada tanggal 1 Januari 2022. Ketika sudah melewati masa tersebut, secara otomatis jaminan diberikan oleh pihak produsen resmi akan hilang.

Apabila terjadi kerusakan setelah masa tersebut, maka secara otomatis harus memperbaikinya dengan dana sendiri. Tidak hanya jangka waktu saja, hilangnya garansi bisa disebabkan oleh kesalahan lain yang terjadi secara sengaja oleh pemilik.

Ketika menghadapi kondisi seperti ini sudah tentu pihak produsen sama sekali tidak akan memberi pertanggungjawaban apapun. Maka pada saat itulah semua kerusakan akan ditanggung oleh diri kita sendiri.

2. Garansi Distributor

Jaminan distributor berbeda lagi dengan jaminan resmi. Ketika melakukan pembelian produk baru, secara otomatis ada dua garansi yang di dapat, yakni dari pihak produsen resmi dan dari pihak distributor.

Biasanya pertanggungan yang didapat dari distributor ini lebih singkat. Ada hanya 30 hari, ada juga sampai 90 hari atau tiga bulan penuh.

Jangka waktu ini tidak ada standarnya karena bergantung pada kebijakan dari masing-masing distributor. Sama seperti jaminan dari pihak resmi, ada beberapa persyaratan khusus yang harus dipenuhi untuk mendapatkannya.

Memahami kedua jenis garansi tersebut sangat penting. Seringkali terjadi perselisihan antara konsumen dengan pihak distributor karena ketidakpahaman mereka terhadap regulasi jaminan itu sendiri.

Syarat Mendapatkan Garansi Realme

Seperti yang sudah ppdbkepri.id jelaskan sebelumnya, ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi jika ingin mendapatkan pertanggungan dari Produsen resmi Realme dan distributor secara penuh. Jika salah satu dari syarat ini tidak bisa dipenuhi, maka secara otomatis jaminan diberikan akan hilang.

Karenanya jangan pernah Anda menyepelekan hal ini sedikitpun. Syarat untuk mendapatkan penjaminan dari pihak resmi ataupun distributor sebenarnya sama saja.

Agar lebih mudah memahaminya, Anda bisa mendalami poin-poin di bawah ini :

  • Kerusakan tidak disebabkan oleh buatan manusia seperti benturan, bantingan, sayatan dan lain-lain.
  • Segel masih terpasang ketika garansi hendak diklaim.
  • Produk masih ada di dalam jangka waktu garansi.
  • Kerusakan tidak disebabkan oleh kondisi alam seperti banjir, kebakaran, gempa bumi dan lain-lain.
  • Kwitansi atau faktur pembelian harus disertakan ketika hendak melakukan klaim.
  • Garansi hanya tersedia untuk produk yang dibeli di Indonesia. Garansi Internasional sama sekali tidak berlaku.

Kalau bisa memenuhi beberapa persyaratan yang sudah ppdbkepri.id jelaskan diatas, maka klaim jaminan dari produsen resmi maupun distributor masih bisa dilakukan. Kini hanya tinggal memahami cara pengecekan jaminan dari smartphone Realme itu sendiri.

Cara Cek Garansi HP Realme dengan Mudah dan Cepat

Cara Cek Garansi Hp Realme Dengan Mudah Dan Cepat

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk cek masa garansi HP Realme Anda. Namun tentu saja ada persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan informasi tersebut.

Syarat yang paling mutlak adalah mengetahui nomor IMEI dari smartphone Realme itu sendiri.

Cek Nomor IMEI

Untuk mengecek nomor IMEI ini ada beberapa metode yang bisa dipilih. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Menggunakan dial dengan kode *#06# pada smartphone Realme. Secara otomatis nomor IMEI akan muncul.
  • Mengunjungi situs https://www.imei.kemenperin.go.id/ dari browser smartphone Anda. Namun terkadang situs mengalami down.
  • Melihat stiker IMEI yang ada pada smartphone. Disini terpampang nomor IMEI smartphone Anda.
  • Membuka menu setting atau pengaturan pada smartphone Anda, kemudian klik menu Tentang Ponsel, klik opsi Status dan pilih menu IMEI. Secara otomatis IMEI akan muncul pada layar smartphone.
  • Mengunjungi gerai Realme terdekat untuk mendapat informasi IMEI.

Kalau sudah memiliki informasi mengenai IMEI tersebut, sekarang kita bisa lanjut ke cara pengecekan Garansi itu sendiri. Ikuti panduan selengkapnya pada konten di bawah ini.

Cek Garansi

Setelah nomor IMEI Anda dapatkan, langkah selanjutnya mudah saja, Ikuti panduan di bawah ini sampai tuntas.

  • Pertama harus menyiapkan nomor IMEI dengan beberapa cara sudah ppdbkepri.id jelaskan di atas.
  • Lalu buka browser pada perangkat. Sangat direkomendasikan penggunaan Chrome karena sangat kompatibel dengan situs apapun.
  • Untuk mengaksesnya bisa menggunakan smartphone, komputer atau bahkan tablet. Pastikan perangkat tersebut memiliki koneksi internet.
  • Setelah masuk ke browser, langsung saja masuk ke alamat pengecekan garansi resmi Realme di https://www.realme.com/id/support/phonecheck
  • Anda akan menemukan halam utama dimana bagian tengahnya terdapat kolom untuk memasukkan nomor IMEI. Langsung saja masukkan IMEI pada kolom tersebut.
  • Setelahnya hanya tinggal mengklik menu CEK yang ada di bawah kolom.
  • Tunggu sejenak hingga situs resmi Realme selesai memproses permintaan Anda.
  • Setelahnya akan langsung tampil status garansi dari smartphone yang dimiliki tersebut.
  • Kalau garansinya masih ada, Anda bisa melakukan klaim selama memenuhi syarat sudah ditentukan oleh provider resmi maupun distributor.

Jika mengalami kendala dalam proses cek garansi HP Realme ini, langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah mengunjungi gerai Realme terdekat di wilayah masing-masing. Disana ada tim profesional akan membantu mengatasi semua permasalahan yang berkaitan dengan garansi HP Realme itu sendiri.

Baca Juga

Tinggalkan komentar