Cara Cek Garansi HP Xiaomi Resmi Lewat IMEI Online

Cara Cek Garansi HP Xiaomi – ppdbkepri.id. Saat ini ada banyak sekali varian HP Xiaomi yang dipasarkan di negeri ini. Ada banyak keunggulan yang dimiliki oleh varian HP Xiaomi.

Salah satunya adalah cara cek garansi yang sangat mudah untuk dilakukan. Ada banyak metode bisa dipilih dari mulai online maupun offline semua tersedia.

Mengetahui garansi dari smartphone masing-masing benar-benar sangat penting. Hal ini dikarenakan kita tidak tahu bilamana handphone mengalami kerusakan atau permasalahan lainnya.

Untuk itu apabila ingin mengetahui cara cek garansi HP Xiaomi silahkan untuk dibaca sampai selesai. Sebab dibawah akan dijelaskan secara menyeluruh tentang garansi ini.

Cara Cek Garansi Hp Xiaomi Resmi Lewat Imei Online

Apa itu Garansi

Garansi adalah sebuah tenggang waktu tertentu yang diberikan oleh suatu brand atau toko kepada pembeli. Garansi ini ada banyak varian yang diberikan.

Mulai dari garansi layar, 1 tahun, 2 tahun sampai 5 tahun. Semua itu berbeda-beda tidak ada yang sama persis, maka disini wajib untuk mengetahui bagaimana dan seperti apa garansi yang diberikan tersebut.

3 Cara Mengecek IMEI HP Xiaomi dengan Mudah

Untuk melakukan cek garansi HP Xiaomi tentu saja ada beberapa persyaratan harus dipenuhi. Salah satu syarat utamanya adalah mengetahui IMEI HP Xiaomi itu sendiri.

Dengan IMEI Anda bisa melakukan pengecekan terhadap garansi pada HP tersebut. Untuk melakukan pengecekan IMEI ada beberapa metode bisa dilakukan.

Penting bagi pengguna untuk memahaminya agar bisa mendapatkan nomor IMEI valid dan bisa digunakan.

Berikut caranya.

1. Setelan

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah melalui setelan. Namun cara ini hanya bisa diterapkan pada model Xiaomi MIUI 7 sampai dengan MIUI 11.

Berikut ini caranya.

  • Buka menu [Setelan] pada HP Xiaomi
  • Pilih opsi [Tentang Ponsel]
  • Langsung saja tap menu [Status]
  • Klik [Informasi IMEI].

Secara otomatis IMEI smartphone Anda akan muncul.

2. Kode Telepon

Cara lain adalah menggunakan kode telepon. Hal ini bisa dilakukan oleh tipe apa saja dari HP Xiaomi.

Berikut ini panduannya.

  • Buka aplikasi [Panggilan] pada smartphone
  • Klik dial [*#06#]
  • Akan muncul nomor IMEI1 dan IMEI2 setelahnya
  • Anda juga bisa menggunakan dial [*#*#4636#*#*]

Akan langsung IMEI smartphone Xiaomi Anda setelahnya.

3. Mode Engineer atau CIT

Cara selanjutnya adalah pengecekan menggunakan CIT atau mode engineering. Mungkin masih asing ditelinga Anda semua, namun tidak ada salahnya untuk mencobanya.

Berikut ini caranya.

  • Pertama buka menu [Setting]
  • Setelahnya langsung saja buka opsi [Tentang Ponsel]
  • Temukan menu [Versi Kernel]
  • Tap 5 kali dengan cepat pada menu tersebut
  • IMEI Xiaomi Anda akan muncul setelahnya

Temukan IMEI smartphone Anda dengan beberapa cara di atas. Bisa dipilih sesuai dengan kemampuan dan ingin menggunakan yang mana.

Jika kesulitan sebenarnya ada cara lebih mudah, yakni melihat kode IMEI pada kardus smartphone masing-masing. Biasanya ada stiker kode IMEI di bagian bawah kardus tersebut.

Cara Cek Garansi HP Xiaomi Resmi Lewat IMEI Online

Setelah mengetahui nomor IMEI dari smartphone Xiaomi masing-masing, kini Anda bisa melakukan pengecekan garansi secara langsung. Tentu saja ada beberapa metode pengecekan bisa dilakukan.

Ikuti penjelasan dan cara cek garansi HP Xiaomi berikut ini.

  • Pertama-tama buka [Browser] smartphone atau perangkat lainnya
  • Langsung saja masuk ke alamat pengecekan garansi resmi Xiaomi di [https://buy.mi.co.id/id/registration]
  • Ada kolom untuk melakukan pengecekan garansi
  • Masukkan IMEI pada kolom tersedia
  • Lalu klik opsi [Langkah Selanjutnya]
  • Tunggu situs memproses permintaan Anda, setelah ini data garansi Anda akan secara otomatis muncul pada layar smartphone

Disini akan terlihat tanggal produksi smartphone, tempat perakitan, kode negara dan lain sebagainya. Ada juga tanggal kadaluarsa dari garansi smartphone.

Kalau garansi yang diberikan oleh Xiaomi ini masih aktif, selanjutnya Anda bisa langsung melakukan klaim.

Selain menggunakan metode tersebut, Anda juga bisa datang langsung ke kantor service center Xiaomi terdekat di wilayah masing-masing dan berkonsultasi dengan customer service yang ada di dalamnya.

Mereka akan memberikan penjelasan lebih detail terkait cara cek garansi HP Xiaomi ini.

Ketentuan yang Berlaku pada Garansi

Selain memahami bagaimana cara melakukan pengecekan garansi di atas, penting juga bagi Anda untuk memahami apa saja syarat dan ketentuan yang berlaku ketika hendak melakukan klaim garansi itu sendiri. Ini dia poin-poin pentingnya.

  • Jaminan atau garansi yang ada di sini hanya berlaku bagi produk yang dibuat dan dipasarkan di Indonesia. Layanan sama sekali tidak berlaku untuk produk dengan garansi internasional.
  • Untuk memenuhi semua persyaratan yang berlaku, semua klaim harus diproses oleh layanan resmi Xiaomi dari pusat.
  • Semua klaim hanya akan diproses setelah pihak Xiaomi melakukan pengecekan terhadap kerusakan yang dialami oleh produk tersebut.
  • Xiaomi tidak bertanggung jawab sama sekali atas kerusakan atau kehilangan data yang dialami konsumen ketika proses perbaikan dilakukan. Karena itu pelanggan harus melakukan pencadangan data sebelum barang dikirimkan ke service center Xiaomi.
  • Mi Account harus ada dalam keadaan log out ketika proses reparasi dilakukan.

Poin-poin di atas harus benar-benar diterapkan oleh pelanggan ketika hendak melakukan klaim ke Service Center Xiaomi.

Syarat Pengajuan Garansi HP Xiaomi

Syarat Pengajuan Garansi Hp Xiaomi

Ketika hendak mengklaim jaminan yang diberikan oleh Xiaomi, konsumen wajib terlebih dahulu menghubungi agen layanan Xiaomi. Kemudian menyiapkan beberapa data di bawah ini.

  • Nomor IMEI perangkat
  • Model Perangkat dan Nomor Serial Produknya
  • Alamat pelanggan dan melampirkan nomor telepon yang bisa dihubungi
  • Melampirkan nomor pembelian yang dibuktikan dengan duplikat faktur pelanggan asli

Apabila persyaratan di atas tidak bisa dipenuhi oleh pelanggan, klaim tetap bisa dilakukan. namun prosesnya jauh lebih lama karena pihak Xiaomi harus melakukan klarifikasi terlebih dahulu.

Penyebab Hilangnya Garansi

Ada beberapa poin penting menjadi penyebab garansi HP Xiaomi hilang. Jangan sampai pengguna melakukan kesalahan tersebut karena tentu saja hal ini akan sangat merugikan.

Berikut ini beberapa poin penting yang memicu terjadinya pembatalan garansi.

  • Nomor IMEI dan Serial produk hilang
  • Segel garansi sudah rusak karena dibongkar oleh pihak di luar Xiaomi
  • Masa garansi sudah habis
  • Kesalahan dalam penggunaan
  • Perangkat terkena air
  • Perangkat mengalami kerusakan akibat terjadi bencana seperti gempa bumi, longsor, banjir, kebakaran dan lain sebagainya

Ketika beberapa poin di atas dilakukan oleh pelanggan, maka secara otomatis klaim garansi tersebut hilang dan tidak bisa diproses lagi.

Hal-hal yang tidak ditanggung oleh Xiaomi

Selain beberapa poin yang sudah kami jelaskan di atas, ada juga beberapa poin lain yang tidak kalah penting untuk dipahami. Poin ini berkaitan dengan resiko atau kerusakan yang sama sekali tidak akan ditanggung oleh pihak Xiaomi.

Berikut ini penjelasannya :

  • Xiaomi tidak bertanggung jawab atas kerusakan seperti goresan baik di dalam maupun luar perangkat
  • Xiaomi tidak bertanggung jawab atas perbaikan smartphone yang mengalami kegagalan log in, reset demo produk atau layanan lain yang tidak berhubungan dengan perbaikan teknis
  • Xiaomi tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang disebabkan oleh karat atau noda dan pembongkaran secara normal

Setiap kerusakan di atas tidak bisa di klaim dengan program garansi yang sudah diberikan. Jadi garansi ini hanya berlaku untuk kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan produksi atau kesalahan dari pihak Xiaomi.

Untuk kerusakan yang disebabkan oleh pihak pengguna tetap bisa diperbaiki di gerai resmi Xiaomi dengan biaya yang ditanggung oleh pihak pengguna.

Penutup

Penting sekali bagi pengguna untuk memahami poin-poin yang sudah kami jelaskan di atas secara menyeluruh. Ini akan memudahkan pengguna dalam mempraktikkan cara cek garansi HP Xiaomi yang sudah ppdbkepri jelaskan di atas.

Apabila masih ada yang belum jelas atau kurang dipahami bisa bertanya melalui halaman kontak. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah membuka halaman ini.

Baca Juga

Tinggalkan komentar