5 Cara Cek Touchscreen HP Samsung Secara Mandiri

Cara Cek Touchscreen HP Samsung – ppdbkepri.id. Merawat HP memang menjadi kewajiban bagi para penggunanya, salah satunya adalah masalah touchscreen. Hampir semua merek HP telah mengadopsi teknologi tersebut termasuk Samsung.

Dalam kasus tertentu, Anda perlu melakukan cek touchscreen HP Samsung seperti ketika membeli kondisi bekas maupun ingin memastikan apakah ada kerusakan. Seperti kita ketahui, Samsung merupakan salah satu produsen elektronik yang cukup sukses memikat hati masyarakat Indonesia.

Tidak hanya HP pintar, beberapa produk elektronik juga dikeluarkan seperti televisi, radio, dan lain-lain. Hal ini bukan tanpa alasan, mereka sangat mementingkan kualitas dibandingkan hal lain sehingga produk keluaran Samsung terkenal tahan lama.

Cara Cek Touchscreen Hp Samsung Secara Mandiri

Apa itu Teknologi Touchscreen?

Touchscreen atau juga biasa disebut dengan istilah layar sentuh merupakan sebuah teknologi di mana pengguna bisa memilih menu pada layar hanya lewat sentuhan jari atau pen. Kemunculan teknologi ini seperti menjadi angin segar.

Buktinya selain handphone, layar sentuh juga sudah diaplikasikan ke perangkat-perangkat lain seperti laptop, tablet, console game, dan masih banyak lagi. Ada beberapa macam touchscreen yang perlu diketahui, antara lain multi touch screen, resistive touch screen, capacitive touch screen, dan infra-red.

Multi touch screen adalah jenis layar sentuh di mana pengguna bisa menggunakan lebih dari satu sentuhan dalam waktu bersamaan. Jenis ini biasanya sering digunakan mengatur besar kecilnya objek pada layar.

Resistive touch screen merupakan layar yang kemudian diberi lapisan tipis berwarna metalik. Lapisan ini mempunyai sifat resistive dan konduktif pada sinyal listrik.

Karena warna tersebut, kejernihan layar ini biasanya hanya 75% saja. Selain itu, monitor juga akan terlihat lebih gelap. Akan tetapi, keunggulannya adalah bisa terlindung dari goresan benda tajam.

Selanjutnya ada capacitive touch screen. Ciri paling menonjol dari jenis ini adalah penggunaan pembungkus bersifat kapasitif pada semua permukaan berbahan indium tinoxide.

Sayangnya, untuk mengoperasikannya hanya bisa melalui sentuhan jari saja, sedangkan alat lain seperti pen atau kuku tidak bisa digunakan. Mengenai kejernihan gambar, bisa dikatakan ini mencapai angka 90%.

Berikutnya adalah sensor infra merah. Biasanya layar jenis ini mempunyai frame khusus guna menempatkan sensor tersebut.

Cara kerjanya adalah setiap sisi sensor akan menembakkan cahaya infra-red dan membentuk sebuah grid. Ketika terdapat jari atau benda melewati grid, sistem akan membaca sebagai sebuah sentuhan.

Cara Mengecek Kondisi Touchscreen pada HP Samsung

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui bagaimana kondisi touchscreen HP Samsung. Anda bisa memilih cara mana paling cocok digunakan. Setiap cara memiliki kelebihannya masing-masing.

Perlu diketahui, cara di bawah ini hanya sekadar untuk mengetahui saja. Apabila memang terdapat masalah, HP harus tetap diservis agar tidak bertambah parah.

1. Menggunakan Kode untuk Mengecek Shadow Burn

Cara pertama adalah dengan menggunakan kode. Memang di beberapa HP sudah dibekali beberapa kode rahasia untuk mengakses fitur-fitur tertentu, salah satunya adalah Samsung. Kode tersebut bisa digunakan di semua tipe HP Samsung.

Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Buka menu Dial Pad
  • Masukkan kode *#0*#
  • Akan muncul tampilan pengecekan Samsung
  • Tap di tombol Red maka layar akan menjadi merah
  • Ketuk layar kembali
  • Tap di tombol Green maka akan menjadi hijau
  • Tap di tombol Blue maka akan menjadi biru
  • Apabila warna yang keluar sama seperti tombol ditekan, maka kondisi layar normal

2. Menggunakan Kode untuk Mengecek Touchscreen

Apabila cara sebelumnya digunakan untuk mengetahui apakah terdapat masalah pada LCD khususnya pada bagian kontras, maka cara ini lebih berfungsi mengecek kondisi touchscreen HP Samsung.

Silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Masuk ke menu Dial Pad
  • Masukkan kode *#0*#
  • Pilih menu “Touch
  • Di layar akan muncul garis berbentuk kotak
  • Tap dan geser jari sesuai kotak pada layar
  • Apabila touchscreen normal, maka kotak tersebut berubah menjadi warna hijau
  • Sebaliknya, apabila tidak berubah warna, artinya ada masalah pada bagian tersebut

3. Mengecek Secara Manual

Selain menggunakan kode, Anda juga bisa melakukan pengecekan secara manual. Artinya, kondisi fisik layar tersebut dilihat secara langsung. Pertama, lihat terlebih dahulu apakah terdapat retak atau kotoran pada layar.

Selanjutnya, uji coba melakukan sentuhan, geseran, atau menahannya. Pastikan tidak muncul ghost touch, yakni kondisi di mana layar bergerak sendiri ketika layar tidak disentuh.

Cara ini cukup berguna apabila ingin membeli HP kondisi bekas namun tidak terlalu memiliki banyak waktu. Meski begitu, jika memungkinkan tetap lakukan pengecekan secara detail agar tidak berujung pada penyesalan.

4. Menggunakan Bantuan Aplikasi Multi Touch

Beberapa developer sudah membuat berbagai aplikasi guna mengecek kondisi touchscreen. Tentu saja aplikasi tersebut bisa digunakan semua jenis HP layar sentuh, termasuk Samsung.

Pertama, Anda bisa menggunakan aplikasi bernama Multi Touch. Sesuai namanya, aplikasi ini berfungsi apakah fitur multi touch pada HP bermasalah atau tidak.

Mengenai cara kerja sepertinya hampir sama. Anda akan diminta melakukan beberapa uji coba di bagian layar. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di Google Play Store.

5. Menggunakan Aplikasi Partial Screen

Satu lagi aplikasi untuk membantu mengetahui kondisi layar sentuh, yakni Partial Screen. Pada dasarnya, fungsi aplikasi ini adalah mengecek apakah warna pada layar normal. Namun di sisi lain Anda juga bisa menggunakannya dalam mengecek kondisi layar.

Salah satu kelebihan Partial Screen adalah dapat mengatasi ghost touch yang cukup mengganggu.

Masalah yang Kerap Terjadi di Touchscreen HP Samsung

Masalah Yang Kerap Terjadi Di Touchscreen Hp Samsung

Setelah mengetahui cara pengecekan di atas, Anda juga perlu mengetahui masalah apa saja yang kerap terjadi pada touchscreen HP Samsung. Hal ini bertujuan agar bisa mengetahui solusi tercepat mengatasinya.

Selain itu, gunakan ini sebagai alarm agar berhati-hati dalam menggunakan HP.

1. Layar tidak berfungsi

Pertama, banyak pengguna kerap mengalami layar yang tidak berfungsi. Maksud dari tidak berfungsi ini adalah tidak adanya respons ketika dilakukan sentuhan pada monitor.

Untuk mengatasinya, pengguna bisa menggeser jari dari bagian pojok kiri atas layar ke bagian pojok kanan bawah dan tahan selama 10 detik pada salah satu bagian.

Langkah ini akan memunculkan tampilan pengaturan cepat. Apabila saat melepas bagian ini menghilang, maka masalah tidak disebabkan karena bagian layar. Untuk segera mengatasi, bawa ke tempat servis terdekat.

2. Kurang responsif

Terkadang ketika disentuh, HP terlalu lama dalam merespons seperti terlambat sehingga membuat aktivitas menjadi kurang nyaman. Biasanya hal ini terjadi karena penggunaan berlebihan seperti menekan terlalu keras, sering tertekan benda berat, atau terjatuh.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mematikan lalu menghidupkan HP kembali. Namun, apabila masalah masih ada, bisa jadi ada kerusakan pada hardware.

Demikian sedikit penjelasan mengenai cara cek touchscreen HP Samsung dengan berbagai metode seperti dial up, manual, maupun menggunakan aplikasi. Anda bisa memilih mana yang paling cocok digunakan karena setiap orang memiliki kecocokan masing-masing.

Baca Juga

Tinggalkan komentar