4 Cara Cek Touchscreen HP Vivo paling Mudah Dilakukan

Cara Cek Touchscreen HP Vivo – ppdbkepri.id. Menjadi salah satu pendatang baru di industri komunikasi, Vivo sempat menghebohkan pasar Indonesia lewat produk smartphone mereka. Selain menawarkan harga terjangkau, spesifikasinya pun bisa dikatakan cukup tinggi.

Namun setiap pengguna wajib mengetahui bagaimana cara cek touchscreen HP Vivo, terlebih jika ingin membeli dalam kondisi bekas. Tidak inginkan setelah beli ternyata bagian touchscreen HP tersebut bermasalah?

Meskipun terbilang sepele, nyatanya masih banyak para pengguna smartphone tidak terlalu memperhatikan kondisi ponselnya. Akibatnya masalah kecil yang mungkin bisa segera terselesaikan malah menjadi lebih parah.

Jika hal tersebut sudah terjadi, maka mau tidak mau harus ada uang dikeluarkan guna melakukan servis. Terlebih parah lagi apabila harus sampai ganti touchscreen yang tentu saja itu akan memerlukan banyak budget dari dalam dompet.

Cara Cek Touchscreen Hp Vivo Paling Mudah Dilakukan

Sekilas Tentang Touchscreen

Teknologi layar sentuh seperti menjadi terobosan paling berhasil untuk diaplikasikan pada telepon pintar. Hasilnya bisa dilihat sendiri, saat ini hampir seluruh smartphone mengadopsi teknologi tersebut.

Karena dirasa cukup memudahkan penggunanya, semakin lama layar sentuh mulai diaplikasikan ke berbagai gadget lain seperti laptop, tablet, ATM, dan sebagainya. Maka tidak heran apabila saat ini semuanya sudah serba touchscreen untuk kebanyakan fasilitasnya.

Lalu, apa sebenarnya touchscreen itu?

Pada dasarnya, touchscreen merupakan sebuah teknologi penggunanya bisa memilih sebuah menu pada layar hanya dengan melakukan sentuhan menggunakan jari atau pen. Para sejarawan mengatakan bahwa teknologi tersebut pertama kali ditemukan pada tahun 1965-1967 oleh E.A. Johnson.

Cara Mudah Cek Touchscreen HP Vivo Semua Seri

Setelah mengetahui sedikit penjelasan mengenai touchscreen, selanjutnya akan dibahas ke bagian inti, yakni cara mengecek kondisi touchscreen HP Vivo dengan mudah. Cara ini wajib diketahui karena sangat penting jika ingin membeli ponsel, baik dalam kondisi baru maupun bekas.

Apabila ada masalah karena tidak teliti, maka jangan heran kalau akan menemui kekecewaan. Maka disini wajib hukumnya untuk mengetahui cara cek touchscreen HP Vivo untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan.

1. Memakai Kode *#800#

Pertama, Anda mengecek menggunakan kode. Langkahnya cukup mudah.

  • Pertama, masuk ke menu dial pad lalu ketikkan kode *#800#.
  • Selanjutnya, akan muncul sebuah hardware test guna mendeteksi apakah ada masalah pada hardware, salah satunya adalah layar sentuh.
  • Pilih menu “Engineer mode” lalu pilih “Touchscreen dan LCD Test”.
  • Jika sudah, maka akan muncul kotak-kotak di layar ponsel. Tap pada kotak tersebut.

Apabila kotak berganti warna menjadi hijau, artinya tidak ada masalah pada touchscreen di bagian tersebut. Begitu juga sebaliknya, jika tidak ada respons berarti ada masalah di bagian sensor.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai masalah tersebut, Anda bisa membawa ke tempat servis resmi terdekat.Bisa juga ke konter HP apabila hanya mempunyai budget yang pas-pasan, namun saran admin ppdbkepri tetap ke servis resminya ya.

2. Memakai Kode *558#

Selain kode di atas, masih ada kode lain yang dapat digunakan, yakni *558#. Caranya hampir sama, yakni

  • Masuk ke menu Dial Up dan ketikkan kode *558#.
  • Selanjutnya akan muncul halaman Factory Test berisi berbagai macam tes guna memastikan bagaimana kondisi hardware.
  • Pilih menu Engineering Test lalu pilih Handwriting Test.

Tes ini akan menggunakan metode sentuhan tangan. Di bagian layar akan muncul tanda X. Usap pada bagian yang berwarna. Apabila semua tanda tersebut dapat disentuh, maka akan dilanjutkan ke tes berikutnya.

3. Memakai Aplikasi Touchscreen Calibration

Apabila dua langkah sebelumnya tidak perlu menggunakan tambahan aplikasi apapun, maka cara kali ini Anda memerlukannya. Anda dapat menggunakan aplikasi Touchscreen Calibration.

Aplikasi ini memang sudah cukup sering digunakan oleh para pengguna Vivo guna mendeteksi apakah terdapat masalah pada layar sentuh. Sebelumnya, Anda tentu perlu mengunduh aplikasi ini melalui Google Play Store.

Jika sudah terpasang, silakan buka aplikasi tersebut. Untuk melakukan pengecekan, posisikan ponsel di media datar. Secara otomatis aplikasi akan bekerja.

Lakukan semua langkah yang diminta dan tunggu sampai proses selesai. Kemudian, akan ada hasil mengatakan apakah layar sentuh bermasalah atau tidak.

4. Memakai aplikasi Sensor Box

Satu lagi aplikasi bisa digunakan mengetahui kondisi touchscreen, yakni Sensor Box for Android. Aplikasi ini juga bisa diunduh secara gratis di Play Store tanpa perlu untuk keluar uang.

Jika sudah download, buka dan tunggu sampai proses identifikasi selesai dilakukan. Akan muncul beberapa pengetesan lanjutan jika ingin mengetahui kondisi lebih lanjut.

Penyebab Touchscreen HP Vivo Rusak

Penyebab Touchscreen Hp Vivo Rusak

Di atas tadi sudah dijelaskan mengenai beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui kondisi touchscreen. Apabila kondisinya baik, maka tidak ada hal perlu dikhawatirkan.

Namun, jika terdapat masalah, sebaiknya segera bawa ke tempat servis agar bisa mendapatkan penanganan secepatnya. Selain penjelasan tersebut, Anda juga patut mengetahui apa saja penyebab touchscreen HP Vivo bisa menjadi rusak.

1. Menekan secara berlebihan

Sesuai namanya, wajar jika gadget selalu terkena sentuhan ketika dioperasikan. Akan tetapi, menekan terlalu keras ternyata bisa berakibat cukup buruk.

Biasanya hal ini sering dilakukan secara tidak sengaja ketika bermain game yang membutuhkan kecepatan tangan seperti Mobile Legends, Free Fire, PUBG, dan lain-lain. Jika dibiarkan terus menerus, maka di beberapa bagian tertentu akan mengalami masalah seperti tidak bisa lagi disentuh.

2. Meletakkan dekat dengan alat elektronik

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini manusia susah terlepas dari benda elektronik seperti televisi, komputer, laptop, dan lain-lain. Hal ini menyebabkan beberapa orang sering menaruh ponsel sembarangan di sekitar benda-benda tersebut.

Padahal, membiarkan ponsel dekat barang elektronik menyala bisa mempengaruhi kondisi touch screen. Oleh karena itu, sebaiknya hindari kebiasaan buruk ini.

3. Menyimpan ponsel di tempat sempit

Selain dilarang meletakkan di samping benda elektronik, menyimpan ponsel di tempat sempit juga bisa berdampak buruk. Mungkin sebagian besar orang masih menyimpan ponsel di saku celana.

Tentu saja hal ini cukup berisiko karena ada kemungkinan bagian layar akan tergores benda-benda kecil seperti koin atau kunci. Maka mulai sekarang tempatkan HP pada ruang yang cukup luas ya.

4. Terkena sinar matahari langsung

Sering beraktivitas di luar ruangan dan terpapar langsung sinar matahari? Jika iya, jangan pernah meletakkan ponsel sembarangan di keadaan tersebut.

Terlalu lama terpapar cahaya matahari bisa membuat layar mengikis serta terjadi perubahan kontras pada layar. Bahkan, kemungkinan paling buruk adalah terjadi kerusakan pada bagian LCD.

5. Sering terjatuh

Masalah layar retak sebagian besar diakibatkan karena ponsel sering terjatuh. Akan tetapi, bukan berarti ketika tidak ada keretakan maka kondisi akan lebih baik.

Meskipun tidak terlihat, masih ada kemungkinan terjadi masalah pada bagian internal sehingga tidak bisa disentuh di beberapa bagian. Untuk menghindari kerusakan karena kasus ponsel terjatuh, gunakan screen guard serta soft case.

6. Tertindih benda berat

Kasus ini biasanya dialami ketika menggunakan ponsel sebelum tidur. Akibatnya, secara tidak sadar ponsel akan tertindih badan saat tertidur secara tidak sengaja.

Terlalu lama menerima tekanan berat seperti ini bisa membuat sensor bermasalah, bahkan terjadi keretakan. Inilah sebabnya tidak dianjurkan menggunakan gadget ketika hendak tidur.

Selain itu, menaruh ponsel sembarangan juga bisa menyebabkan terduduki secara tidak sengaja dengan dampak serupa.

Demikian sedikit penjelasan mengenai cara cek touchscreen HP Vivo beserta beberapa kesalahan yang bisa menyebabkan kerusakan. Entah itu kerusakan yang bersifat kecil ataupun fatal sekalipun.

Sebagai pemilik, sudah semestinya para pengguna bertanggung jawab baik memperbaiki ketika terjadi kerusakan atau berusaha merawat ponsel sebaik mungkin. Tentunya agar HP selalu dalam keadaan baik dan tidak gonta ganti HP setiap saat.

Baca Juga

Tinggalkan komentar