Cara Membuat Arsip Telegram untuk Amankan Chat

Cara Membuat Arsip Telegram – ppdbkepri.id. Saat ini Telegram sudah semakin lengkap saja fiturnya, bahkan penggunanya juga bertambah banyak dan sudah mencapai 1 miliar dari seluruh pengguna.

Mengarsipkan chat memang terkadang dibutuhkan untuk menginventarisir mana chat penting dan mana yang privasi. Sehingga mudah dicari saat ingin mengirim pesan kembali, ditambah pula jika sudah tersimpan tidak akan mudah dicek oleh orang lain.

Apa itu Arsip Telegram?

Yang dimaksud dengan fitur arsip Telegram adalah fitur yang bisa menyimpan chat dari orang lain, sehingga tidak terlihat pada tampilan utama halaman chat. Fitur ini sudah ada sejak tahun 2019 lalu, mengingat privasi sangat penting bagi pengguna aplikasi tersebut.

Pengarsipan ini juga membantu pengguna untuk memilah, mana chat yang butuh privasi tingkat tinggi sehingga tidak mudah dilihat orang lain ketika HP sedang digunakan. Selain itu fungsinya juga untuk mencegah kebingungan pengguna mencari chat penting karena sudah diamankan di halaman arsip.

Fitur ini bisa dimanfaatkan pada ponsel dengan sistem operasi Android maupun iOS, asalkan spesifikasi HP tersebut memenuhi standar penggunaan aplikasi.

Jika Anda ingin memaksimalkan penggunaan fitur arsip Telegram ini, bisa dibarengi dengan menggunakan aplikasi keamanan aplikasi. Dimana selain diarsipkan, aplikasi Telegram juga terkunci dan hanya bisa dibuka dan diakses dengan password yang Anda buat sendiri.

Baca : Cara Mengatasi Bot Telegram Tidak Merespon dengan Mudah

Cara Membuat Arsip Telegram dengan Mudah

Cara Membuat Arsip Telegram dengan Mudah

Tidak sulit untuk memakai fitur arsip dengan menerapkan cara membuat Arsip Telegram berikut ini. hanya butuh beberapa detik saja, maka halaman chat Anda dengan seseorang sudah berpindah ke halaman arsip yang lebih privasi.

Geser Kiri

Ini adalah cara paling mudah untuk dilakukan, cukup mirip dengan pengarsipan chat yang biasa dilakukan menggunakan aplikasi lainnya seperti Whatsapp. Hanya perlu tiga cara saja untuk bisa berhasil menyimpan halaman obrolan ke tempat lebih tersembunyi.

  • Buka aplikasi Telegram pada HP Anda.
  • Pilih halaman chat dan klik pada obrolan yang ingin disimpan.
  • Tekan lama lalu geser chat ke arah kiri halaman menggunakan satu jari saja.
  • Chat sudah tersimpan di arsip dan tidak akan terlihat lagi pada halaman utama.

Menu Tiga Titik

Kalau belum mahir menggunakan kursor dan jari untuk memindahkan chat, maka Anda bisa memilih cara pengarsipan dengan metode lebih standar. Namun tetap tidak ribet, hanya saja perlu beberapa langkah dan tombol yang perlu diaktifkan

  • Buka halaman utama Telegram di HP Anda.
  • Pilih yang mau dipindahkan ke halaman arsip.
  • Tekan menu tiga titik di pojok kanan atas halaman chat tersebut.
  • Klik pada opsi arsip, maka chat tersebut sudah tersimpan pada halaman arsip Anda.

Dua cara di atas bisa dipilih salah satunya, mau yang lebih cepat atau menggunakan alur standar pengarsipan pesan.

Cara Memunculkan Kembali Arsip Telegram

Kalau Anda ingin menampilkan kembali halaman obrolan yang sudah tersimpan di arsip, caranya juga tidak sulit. Karena ketika halaman obrolan sudah dipindahkan, maka otomatis akan muncul ikon arsip pada halaman chat utama. Mau tahu caranya?

  • Buka aplikasi Telegram di ponsel Anda.
  • Jika sudah muncul halaman chat utamanya, klik pada logo chat diarsipkan yang terletak pada bagian atas halaman.
  • Tekan lama pada chat yang ingin dikembalikan ke halaman chat utama. Kalau mau memilih beberapa chat sekaligus, maka tekan lama di satu nama sampai muncul ikon centang hijau. Kemudian tekan lama kembali pada chat lainnya.
  • Klik kanan lalu pilih opsi lepas arsip.
  • Tunggu beberapa detik, sampai chat tersebut muncul kembali di halaman utama chat.

Ini juga merupakan langkah yang mudah dilakukan, ketika Anda ingin kembali menampilkan pesan yang diarsipkan ke halaman utama. Biasanya dilakukan jika ingin menerima notifikasi penting lebih cepat atau sudah tidak ada pesan rahasia atau privasi yang harus disimpan dan tidak diketahui orang lain.

Baca : 4 Cara Menyembunyikan Nomor di Telegram Terbaru

Keunggulan Fitur Arsip Telegram

Keunggulan Fitur Arsip Telegram

Kenapa fitur ini sangat disukai pengguna aplikasi Telegram? Tentu karena memiliki beberapa keunggulan berikut ini.

1. Chat jadi Lebih Privasi

Chat-chat penting menjadi lebih privasi dan tidak akan terlihat oleh orang lain. Kecuali chat tersebut di share ke halaman grup oleh orang lain. Oleh karena itu, buat Anda yang tidak ingin pesan-pesan tertentu yang ditujukan kepada seseorang terlihat saat membuka halaman Telegram, sangat aman menggunakan fitur ini.

2. Bisa Menampung Banyak Chat

Berapapun chat penting yang mau disimpan khusus dan tidak tampil di halaman chat utama, bisa disimpan di halaman arsip. Jumlah chat yang mau disimpan juga tidak terbatas, asalkan disimpan dengan cara membuat arsip Telegram yang sudah dijelaskan sebelumnya.

3. Bisa Digunakan Kapan Saja

Kapanpun Anda mau menggunakan fitur ini sangat bisa, tidak harus menunggu sampai chat sudah bertambah banyak. Misalnya, saat baru menerima pesan rahasia dan mau menyimpannya dengan aman maka bisa langsung diarsipkan.

4. Notifikasi Chat Arsip Tidak Muncul

Kalau notifikasi chat di halaman utama Telegram akan muncul ketika ada pesan baru, maka hal itu tidak akan terjadi ketika Anda sudah mengarsipkan chat seseorang. Apalagi jika Anda menonaktifkan notifikasi, kapan dan apa isi chat tidak akan pernah terlihat di halaman notifikasi.

Kesimpulan dari cara membuat arsip Telegram adalah bisa dilakukan dengan mudah menggunakan jari atau dengan memanfaatkan menu arsip yang tersedia. Banyak pula keunggulan yang didapat, ketika menggunakan fitur tersebut. Anda mau menggunakannya sekarang?

Baca Juga