8 Cara Mengatasi HP Vivo Cepat Panas Terbaru 2023

Cara Mengatasi HP Vivo Cepat Panas – ppdbkepri.id. Ada beberapa cara mengatasi HP Vivo yang sering terlalu panas yang bisa Anda terapkan. Biasanya tergantung dari apa yang menyebabkan sehingga perlu mengetahui hal tersebut terlebih dahulu.

Vivo merupakan salah satu produsen smartphone yang cukup berhasil di pasaran Indonesia. Sebagai pendatang baru mereka mampu menggaet masyarakat dengan fitur mumpuni dan harga terjangkau.

Sayangnya pada beberapa kasus kerap cepat panas dan menyebabkan performa menurun. Oleh karena itu harus memahami beberapa penyebab dan cara mengatasi HP Vivo cepat panas tersebut.

Cara Mengatasi HP Vivo Cepat Panas Terbaru

Penyebab HP Vivo Cepat Panas

Agar lebih mudah dalam mengetahui penyebabnya Anda perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa yang paling sering terjadi. Lalu apa saja penyebab itu?

Berikut ulasannya.

1. Masalah pada hardware

Ketika usia pemakaian sudah cukup lama maka performa beberapa hardware akan mulai menurun seperti CPU hingga baterai. Kemungkinan handphone yang cepat panas karena komponen tersebut mengalami masalah misalnya baterai yang sudah bocor.

2. Bug software sistem

Selanjutnya bug pada software sistem operasi berpengaruh dalam peningkatan suhu ponsel. Hal ini bisa diatasi dengan melakukan update sistem secara berkala.

3. Digunakan terus menerus

Jika kerap menggunakan handphone terlalu lama tanpa berhenti seperti bermain game atau menonton video. Hal tersebut akan membuat suhu perangkat menjadi tinggi. Selain itu penggunaan ponsel sambil di-charge juga menjadi salah satu penyebabnya.

Cara Mengatasi HP Vivo Cepat Panas dengan Mudah

Cara Mengatasi HP Vivo Cepat Panas dengan Mudah

Ada beberapa cara mengatasi HP Vivo cepat panas yang bisa dilakukan secara cepat dan tepat. Anda bisa mencoba satu per satu apabila cara lain tidak berhasil.

Berikut ulasannya.

1. Jangan gunakan ketika sedang di-charge

Salah satu kesalahan yang kerap dilakukan oleh pengguna smartphone adalah menggunakan ketika sedang di-charge. Hal tersebut tidak benar dan bahkan berpotensi mengakibatkan kecelakaan fatal.

Ketika sedang mengisi daya maka akan ada arus listrik yang masuk ke ponsel sehingga menyebabkan suhu menjadi lebih panas. Jika Anda menggunakan untuk aktivitas yang cukup berat seperti bermain game atau menonton YouTube, maka ponsel akan cepat panas.

Bahkan jika suhu terlalu tinggi bisa menyebabkan terjadi korsleting dan menyebabkan handphone meledak. Kasus ini sudah berulang kali terjadi dan memakan korban cukup banyak.

Oleh karena itu sebaiknya luangkan dua atau tiga jam untuk mengisi daya dan menyalakan mode pesawat. Cara tersebut akan membuat pengisian daya jauh lebih cepat dan handphone akan tetap dingin.

2. Update software

Setiap ponsel biasanya memiliki update software sistem secara rutin untuk mengatasi jika ada bug pada versi sebelumnya. Pastikan sudah melakukan update tersebut.

Biasanya update akan dilakukan beberapa bulan sekali sehingga perlu mengeceknya secara rutin. Software sistem yang terlalu lama merupakan salah satu yang menyebabkan ponsel cepat panas.

Ketika melakukan update software, pastikan koneksi internet stabil agar tidak mengalami error di tengah proses. Update diperkirakan akan memakan waktu sekitar 20 menit tergantung dari koneksi internet yang digunakan.

3. Menggunakan baterai original

Jika ponsel panas karena pernah mengganti baterai dengan yang tidak original, maka ada kemungkinan itu menjadi penyebabnya. Setiap ponsel memiliki spesifikasi baterai yang kompatibel.

Apabila memasang baterai dengan spesifikasi yang berbeda, hal tersebut akan menyebabkan performanya tidak maksimal dan suhu menjadi lebih tinggi. Jadi pastikan Anda menggunakan baterai original meskipun harganya memang relatif lebih tinggi.

Banyak orang yang mengabaikan hal ini dan sembarangan membeli baterai dengan harga yang lebih miring. Padahal, untuk jangka panjang penggunaan baterai non-original ini bisa berdampak tidak baik bagi ponsel.

4. Menghapus background aplikasi

Perlu diketahui bahwa ketika menutup aplikasi dengan menekan tombol home, sebenarnya aplikasi itu belum sepenuhnya berhenti karena masih berjalan di latar belakang. Jika hal ini terus menerus dilakukan pada aplikasi lain, maka background aplikasi akan menumpuk.

Aplikasi background yang menumpuk akan membuat kinerja ponsel menjadi lebih berat dan mengakibatkan suhu naik. Jadi silahkan tutup semua aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Cara menghapusnya juga cukup mudah. Setiap ponsel biasanya memiliki caranya masing-masing untuk melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang. Silahkan buka menu tersebut dan tutup semua aplikasi.

Selain membuat suhu handphone lebih stabil, cara ini juga akan membuat kinerja sistem menjadi lebih ringan. Dengan begitu tidak akan mengalami kasus lag atau hang ketika menjalankan sebuah aplikasi tertentu.

5. Matikan GPS dan Bluetooth

Dua fitur ini kerap sekali dibiarkan menyala meskipun tidak sedang digunakan, yakni GPS dan Bluetooth. Ketika keduanya masih menyala sistem akan bekerja lebih keras dan menyebabkan ponsel cepat panas.

Jadi, jika memang tidak sedang dibutuhkan seperti membuka Google Maps, transfer file, atau menghubungkan ke speaker wireless, sebaiknya matikan kedua fitur tersebut. Cara ini akan membuat sistem perangkat menjadi jauh lebih lega dan suhu tetap dingin.

6. Istirahat secara berkala ketika bermain game

Jika sering bermain game hingga lupa waktu, maka segera hentikan kebiasaan buruk tersebut. Menjalankan game berat dalam waktu lama akan membuat perangkat menjadi cepat panas dan rawan mengalami kerusakan pada komponen tertentu.

Ketika merasakan ponsel sudah mulai hangat, sebaiknya istirahatlah terlebih dahulu. Anda bisa kembali bermain ketika suhu handphone sudah mulai dingin.

7. Hindari paparan sinar matahari langsung

Ketika sedang beraktivitas di luar ruangan, sadar atau tidak ponsel akan terkena paparan sinar matahari langsung yang berpengaruh pada peningkatan temperatur. Oleh karena itu sebaiknya hindari hal tersebut sebisa mungkin.

Anda bisa menyimpan ponsel di tas kecil atau kantong celana. Meskipun masih akan tetap terkena pengaruh suhu lingkungan setidaknya perangkat akan terlindung dari sengatan sinar secara langsung.

8. Hapus sampah sistem

Semakin lama menjalankan aplikasi maka semakin banyak pula file-file sampah yang akan menumpuk di memori penyimpanan. Silahkan hapus semua file sampah tersebut sehingga RAM dan CPU akan menjadi lebih lega.

Rajin-rajinlah untuk menghapus cookie dan cache aplikasi minimal sekali dalam sebulan. Sampah yang terlalu menumpuk akan menyebabkan kinerja sistem terhambat dan menyebabkan cepat panas.

Kelebihan dan Kekurangan

Setelah melakukan cara mengatasi HP Vivo cepat panas di atas tentu saja suhu ponsel akan menjadi lebih dingin dan stabil. Akan tetapi untuk cara tertentu mungkin akan sedikit mempengaruhi performa ponsel.

Sebagai contoh ketika menghapus cookies dan cache aplikasi, performa ponsel memang menjadi lebih ringan dan suhu handphone lebih terjaga. Akan tetapi ketika menjalankan aplikasi tersebut biasanya akan terasa lebih lambat untuk memproses data dari awal lagi.

Kesimpulan dan Penutup

Bisa dibilang cara mengatasi HP Vivo cepat panas sebenarnya cukup mudah hanya perlu menemukan akar permasalahannya lalu segera mengatasinya.

Jika setelah melakukan langkah di atas namun handphone masih cepat panas dapat membawa ke tempat servis terdekat untuk dilakukan pengecekan lebih dalam. Langkah tersebut akan menghemat banyak waktu dibandingkan melakukan diagnosis sendiri.

Baca Juga

Tinggalkan komentar