6 Cara Mengatasi TV Digital Tidak Ada Sinyal dengan Mudah

Dalam era digital saat ini hampir semua orang memiliki TV digital sebagai sarana hiburan di rumah. Namun setelah pemerintah mematikan sinyal TV analog, kini masyarakat beralih ke TV digital. Maka semua masyarakat berbondong-bondong untuk membeli STB untuk bisa menikmati siarannya.

Namun ada beberapa kendala, salah satunya tidak tahu cara mengatasi TV digital tidak ada sinyal. Ketika tidak dapat menangkap sinyal, maka channel juga tidak akan bisa dibuka. Serta terkadang TV digital tidak bisa menangkap sinyal dengan baik dan menghasilkan gambar yang kurang jernih. Hal tersebut tentu saja menjadi permasalahan tersendiri bagi beberapa orang, terutama yang tidak mengerti dunia elektronik.

Akan tetapi tidak perlu khawatir karena semua itu akan dibahas secara lengkap. Anda akan mempelajari apa saja penyebab serta bagaimana cara mengatasi TV digital tidak ada sinyal sehingga tidak harus langsung membawa ke tempat servis.

8 Penyebab TV Digital Tidak Bisa Menangkap Sinyal

Penyebab TV Digital Tidak Bisa Menangkap Sinyal

Untuk mengatasi TV digital tidak ada sinyal yang muncul, setidaknya Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa penyebabnya. Dengan begitu langkah yang dilakukan akan tepat sesuai kondisi di lapangan.

1. Rusaknya kabel antena

Hal pertama dapat menyebabkan TV tidak dapat menangkap sinyal adalah terjadi kerusakan pada kabel antena. Antena memang menjadi komponen paling penting karena berperan menangkan sinyal yang dipancarkan dari pusat.

Apabila kabel antena mengalami kerusakan, tentu saja sinyal yang ditangkap akan terganggu. Akibatnya TV tidak dapat menayangkan siaran di televisi.

Kerusakan kabel bisa diakibatkan usianya yang sudah cukup lama mengingat sudah digunakan saat masih menggunakan sinyal analog. Selain itu, kabel juga bisa rusak karena tergores benda tajam atau digigit tikus.

2. Kualitas antena kurang baik

Masih terkait dengan antena, selain adanya kerusakan pada komponen seperti kabel, kualitas juga turut berpengaruh. Semakin baik kualitas antena, tentu saja semakin baik pula kekuatannya dalam menangkap sinyal.

Hal tersebut juga berlaku sebaliknya. Bisa jadi antena tidak ada kerusakan apapun, namun kualitasnya masih kurang baik sehingga sinyal kerap hilang, apalagi jika tidak diarahkan ke pusat sinyal.

Seperti kita ketahui, saat ini ada banyak sekali pilihan antena untuk mendukung TV digital dengan harga yang berbeda-beda. Untuk menghindari masalah seperti ini, pastikan memilih antena benar-benar berkualitas meskipun harganya lebih tinggi.

3. Arah antena tidak tepat

Untuk beberapa kasus tertentu, arah antena juga berpengaruh terhadap sinyal yang didapatkan. Anda perlu mengetahui di mana pusat pemancar sinyal berada. Kemudian, usahakan untuk mengarahkan antena ke pemancar tersebut.

Baca : 7 Cara Menyambungkan HP VIVO ke TV

4. Terdapat gangguan sinyal

Tidak semua daerah memiliki kualitas sinyal yang sama. Di daerah jauh dari perkotaan atau dataran tinggi memiliki kemungkinan sinyal lebih lemah. Oleh karena itu, permasalahan ini juga perlu dipertimbangkan.

5. Terdapat masalah pada jack

Baik menggunakan STB atau TV yang sudah dibekali penangkap sinyal digital, pasti ada sebuah jack atau port untuk menyambungkan antena. Bisa jadi sinyal tidak bisa ditangkap dengan baik karena ada masalah di bagian tersebut.

Kemungkinan jack dipasang masih terlalu kendur sehingga tidak berfungsi secara baik. Selain itu, ada pula kondisi jack bermasalah seperti kerusakan pada pangkal kabel dan sebagainya sehingga perlu diganti dengan kabel jack yang baru.

6. Gangguan elektromagnetik

Gangguan elektromagnetik seperti listrik, peralatan rumah tangga, dan peralatan elektronik lainnya dapat mempengaruhi kualitas sinyal TV digital. Gangguan tersebut tentu bisa menyebabkan tidak dapat menangkap sinyal dengan baik.

7. Saluran TV tidak tersedia

Beberapa saluran TV mungkin tidak tersedia di daerah Anda. Tentu hal tersebut bisa menyebabkan TV digital tidak bisa menangkap sinyal untuk saluran di area Anda .

8. Perangkat TV rusak

Perangkat rusak dapat menjadi penyebab TV digital tidak bisa menangkap sinyal. Ini terjadi ketika bagian dalam rusak atau ketika kabel yang menghubungkan antena ke TV tidak terhubung dengan benar.

6 Cara Mengatasi TV Digital Tidak ada Sinyal

Cara Mengatasi TV Digital Tidak ada Sinyal

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan apabila ingin mengatasi TV digital tidak ada sinyal. Silakan pilih cara paling sesuai dengan kondisi saat ini.

1. Memeriksa jack antena

Penyebab sinyal yang tidak bisa ditangkap paling umum adalah adanya kesalahan atau kerusakan pada jack antena. Oleh karena itu, langkah pertama adalah mengecek bagian tersebut apakah sudah terpasang dengan benar.

Jack antena ini bisa tertancap di STB ataupun pada antena diletakkan di luar. Biasanya jack di antena dapat bergeser karena angin atau burung yang bertengger. Pastikan untuk memeriksanya terlebih dahulu.

2. Memeriksa kabel antena

Selain jack, kabel antena juga harus diperhatikan. Biasanya kabel mengalami kerusakan karena usia yang terlalu lama atau terkena gigitan tikus.

Untuk mengetahui apakah ada masalah, cobalah untuk memeriksa mulai dari satu ujung kabel ke ujung lainnya. Perhatikan apakah ada goresan, sayatan, atau bahkan kabel yang putus.

Pertama silakan sambung kabel tersebut apabila masih memungkinkan. Akan tetapi jika kerusakan sudah cukup parah, lebih baik ganti kabel baru dengan kualitas yang lebih baik.

Baca : 5 Cara Menggunakan HDMI Dongle Anycast ke TV dengan Mudah

3. Mengatur posisi antena

Apabila tidak ada masalah pada bagian kabel maupun jack antena, silakan coba untuk mengatur kembali posisi antena. Sebaiknya letakkan antena di luar rumah dengan posisi yang lebih tinggi dari atap untuk mendapatkan sinyal terbaik.

Serta mengarahkan antena menuju pusat pemancar sinyal. Cara ini dinilai cukup efektif guna memperoleh kualitas sinyal yang baik.

4. Mengganti STB

Set top box juga bisa turut berpengaruh pada masalah ini. Bisa jadi karena kualitas STB yang kurang baik menyebabkan kekuatan dalam menangkap sinyal menjadi kurang baik, terutama dalam hubungannya dengan antena.

Jika ketiga cara sebelumnya telah dilakukan dan masalah masih terjadi, tidak ada salahnya untuk mengganti STB dengan yang baru. Pastikan untuk memilih brand sudah terbukti kualitasnya seperti Luby, Matrix, dan sebagainya.

5. Gunakan amplifier antena

Jika sinyal terlalu lemah, Anda dapat menggunakan amplifier antena untuk memperkuat sinyal. Hal tersebut tentu akan membuat sinyal menjadi lebih bagus untuk perluasan channel yang dapat dijangkau.

6. Matikan peralatan elektronik lainnya

Matikan peralatan elektronik lainnya seperti telepon genggam, laptop, dan peralatan rumah tangga yang dapat menyebabkan gangguan elektromagnetik. Sebab bisa saja hal tersebut terjadi karena beberapa gangguan disekitar TV.

Mengatasi TV digital tidak ada sinyal memang bisa memakan waktu serta kesabaran. Namun mencoba langkah-langkah di atas, Anda bisa memperbaiki masalah dan menikmati siaran digital berkualitas. Jangan lupa untuk selalu memeriksa setiap detail dengan teliti dan menghubungi operator penyedia TV digital jika diperlukan.

Baca Juga