12 Cara Mengembalikan File Terhapus Permanen di HP/PC/Laptop

Cara Mengembalikan File Terhapus Permanen – ppdbkepri.id. Apakah pernah secara tidak sengaja menghapus file penting? Tidak perlu panik, karena masih ada langkah mudah mengembalikan file terhapus yang ada di HP/PC/laptop sangat mudah untuk dilakukan.

Selain dari program bawaan Windows, terdapat banyak software dapat membantu memulihkan file tersebut. Lalu untuk yang menggunakan HP maka ada beberapa aplikasi khusus mengembalikan file terhapus permanen tersebut.

Perlu diketahui apabila Anda memilih menggunakan software untuk mengembalikan file terhapus, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar file dapat dikembalikan dalam kondisi utuh dan baik. Pertama tidak menambah data baru di drive data dihapus. Kedua, tidak menginstal program apapun di drive tersebut. Terakhir, tidak menyimpan file yang telah direcover ke penyimpanan tersebut.

12 Cara Mengembalikan File Terhapus Permanen di HP/PC/Laptop

Cara Mengembalikan File Terhapus Permanen di HPPCLaptop

Ketika seseorang menghapus file di HP, biasanya dimasukkan ke dalam Recycle Bin. Namun jika menghapus file dari Recycle Bin, maka file tersebut akan dihapus permanen dan tidak dapat dipulihkan.

Berikut adalah cara mengembalikan file terhapus permanen di HP/PC/laptop telah dirangkum untuk Anda. Silahkan dipilih sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

1. CMD

Cmd

Cara ini digunakan apabila file ataupun folder yang ingin dikembalikan telah terhapus dari Recycle Bin. Caranya cukup mudah, ikuti langkah dibawah ini.

  • Anda perlu mengakses Command Prompt
  • Dapat dicari di fitur seach windows dengan mengetik cmd
  • Kemudian di program ini ketik chkdsk X:/f/
  • Silahkan ganti huruf X dengan nama drive di mana file terhapus sebelumnya disimpan
  • Setelah itu ketikan di keyboard ATTRIB –H –R –S /S /D X:*.*.
  • Jangan lupa untuk mengganti huruf X dengan nama drive yang dimaksud
  • Terakhir tinggal menunggu proses recovery selesai

2. Recuva

Recuva

Software populer banyak digunakan untuk mengembalikan file terhapus adalah Recuva. Recuva ramah bagi pemula karena memiliki wizard membantu pengguna selama proses pengembalian file. Selain itu Recuva telah didukung berbagai format disk seperti FAT, exFAT, hingga NTFS. Recuva juga menyediakan fitur untuk proses pencarian secara mendetail.

Baca : 3 Cara Menyambungkan HP Realme ke TV paling Simpel

3. EaseUS Data Recovery

Easeus Data Recovery

Anda dapat mengembalikan folder telah terhapus permanen di PC/laptop dengan menggunakan EaseUS Data Recovery. Software EaseUS Data Recovery tidak hanya memulihkan data atau data terhapus di PC/laptop, tetapi juga berbagai perangkat removable. Selain itu, EaseUS Data Recovery dapat digunakan untuk membackup data-data ada di drive PC/laptop.

Maka akan banyak manfaat yang bisa didapatkan sekaligus ketika memasang EaseUS Data Recovery. Kelebihan lain dari EaseUS Data Recovery adalah telah dilengkapi dengan fitur scanning sangat fleksible serta mampu memulihkan lebih dari 1000 jenis format seperti gambar, video, audio, dokumen, hingga format-format file lainnya.

4. Stellar Phoenix

Stellar Phoenix

Stellar Phoenix menjadi salah satu software untuk mengembalikan file terhapus permanen dengan sangat mudah. Software Stellar Phoenix dapat mengembalikan data-data terhapus dalam satu folder sekaligus maupun hanya beberapa file tertentu saja. Tidak hanya itu, Stellar Phoenix bisa dari USB, CD, DVD, maupun SD card.

Baca : Cara Isi Saldo Taxsee Driver Maxim Lewat OVO Mudah dan Praktis Terbaru

5. Disk Drill

Disk Drill

Disk Drill adalah salah satu jajaran software file recovery terbaik yang bisa menjadi pilihan untuk Anda gunakan. Software Disk Drill dapat mengembalikan data atau folder sudah terhapus karena berbagai hal seperti disebabkan ketidaksengajaan. Disk Drill juga telah didukung berbagai sistem format penyimpanan seperti NTFS, FAT32, EXT, HFS+, dan lain sebagainya.

Kelebihan lain dari software Disk Drill adalah terdapat fitur Recovery Fault yang akan menyimpan database dari berbagai file telah di hapus. Hal ini tentunya memudahkan pengguna apabila membutuhkan file terhapus kembali. Disamping itu, interface software Disk Drill sangat minimalis dan lengkap, jadi user yang menggunakannya pasti akan merasa nyaman.

6. Pandora Recovery

Pandora Recovery

Software untuk mengembalikan file terhapus selanjutnya ramah bagi pemula adalah Pandora Recovery. Software Pandora Recovery memiliki fitur wizard memandu keseluruhan proses pengembalian data, fitur ini akan membimbing pengguna setiap tahapan recovery.

Pandora Recovery memiliki fitur pencarian secara manual berdasarkan nama, ukuran, dan juga jenis file. Selain itu, terdapat juga fitur pencarian dapat menemukan data yang sulit untuk diidentifikasi.

7. R-Studio

R Studio

R-Studio dapat mengembalikan berbagai jenis file yang telah terhapus secara singkat. Tidak hanya dari hard disk, pengguna juga dapat mengembalikan file terhapus dari flash disk ataupun hard disk eksternal.

Kelebihan lainnya dapat membantu memperbaiki file dikembalikan untuk ditemukan dalam keadaan rusak menggunakan text-and-hexadecimal editor. Bahkan, pengguna dapat melakukan recovery di OS Windows yang rusak melalui bootable USB drive.

Baca : 4 Cara Reset HP Xiaomi ke Pengaturan Pabrik dengan Mudah

8. ArtPlus Digital Photo Recovery

Artplus Digital Photo Recovery

ArtPlus Digital Photo Recovery merupakan aplikasi khusus untuk mengembalikan berbagai jenis foto, video, serta audio dari memory card. Pengguna Android, Windows Phone, dan iPhone dapat menggunakan aplikasi ArtPlus Digital Photo Recovery.

Bahkan aplikasi ini memiliki fitur yang dapat membuat replika data berbentuk virtual image agar mencegah terjadinya kerusakan memory card. Virtual image memungkinkan pengguna untuk mengembalikan file di PC tanpa perlu menghubungkan memory card.

9. Data Rescue PC

Data Rescue Pc

Kebanyakan software yang mengembalikan data terhapus permanen hanya mampu bekerja pada PC ataupun hard disk versi modern saja. Dengan Data Rescue PC bisa dari hard disk versi jadul.

Tidak hanya itu, Data Rescue PC juga dapat mengembalikan file dari komponen PC jadul seperti floppy disk. Kelebihan lainnya dari Data Rescue PC adalah dapat digunakan di Windows 3.1 hingga Windows 8.1. Software Data Rescue PC ini juga dapat membackup data dari berbagai komponen lama yang ada.

10. MiniTool Partition

Minitool Partition

MiniTool Partition Recovery juga menjadi software memulihkan data terhapus permanen yang ramah untuk pemula. Memiliki tampilan mudah dipahami dan memiliki panduan yang jelas untuk penggunanya.

Kelebihan lain software MiniTool Partition Recovery adalah selain dapat mengembalikan file dari hard disk, CD maupun email.

11. Wise Data Recovery

Wise Data Recovery

Wise Data Recovery hampir mirip dengan Pandora Recovery karena kemudahannya untuk digunakan. Wise Data Recovery memiliki tampilan yang sederhana sehingga memudahkan pemula untuk menggunakannya. Software Wise Data Recovery hanya dapat dijalankan di PC/laptop dengan sistem operasi Windows 7/8 ataupun Windows Vista 32 bit ataupun 64bit.

12. Undelete 360

Undelete 360

Terakhir, Anda dapat menggunakan Undelete 360 untuk mengembalikan file hilang ataupun terhapus. Software Undelete 360 bisa berbagai data seperti foto, video, PDF, dan lain sebagainya.

Bahkan proses recovery Undelete 360 sangat cepat dan dapat mengembalikan data secara utuh. Kelebihan lainnya, software Undelete 360 dapat juga dari flashdisk dan kamera digital.

Baca : 5 Cara Mengatasi HP Hang atau Ngelag dan Penyebabnya

Tips Mencegah File Terhapus Permanen

Tips Mencegah File Terhapus Permanen di HP

Menghapus file adalah suatu hal yang lumrah dan sering dilakukan oleh pengguna smartphone. Namun terkadang ada beberapa tidak sengaja terhapus dan terhapus secara permanen.

Hal ini bisa terjadi karena berbagai sebab seperti kesalahan saat menghapus, virus, atau pengaturan sistem yang salah. Agar tidak kehilangan file penting, berikut adalah beberapa tips mencegah penghapusan file permanen di HP.

Simpan di cloud storage✅ Salah satu cara mencegah file terhapus permanen adalah menyimpan di cloud storage seperti Google Drive atau Dropbox. Dengan menyimpan di cloud storage, bisa mengakses dari mana saja dan kapan saja asalkan ada koneksi internet. Selain itu juga tidak perlu khawatir kehilangan file karena tersedia di server yang aman.
Backup secara berkala✅ Backup secara berkala juga merupakan salah satu cara mencegah penghapusan permanen di HP. Dengan melakukan backup, bisa mengembalikan file terhapus jika terjadi kesalahan atau kehilangan. Backup dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi backup seperti Titanium Backup atau menggunakan fitur backup yang sudah disediakan oleh HP.
Jangan terlalu banyak menginstall aplikasi pihak ketiga❌ Aplikasi pihak ketiga seringkali menjadi penyebab utama terhapusnya secara permanen. Beberapa aplikasi pihak ketiga bisa saja memiliki akses ke sistem HP dan menghapus secara tidak sengaja. Sebaiknya tidak terlalu banyak menginstall aplikasi pihak ketiga yang tidak jelas keamanannya.
Hati-hati saat menggunakan fitur ‘Hapus Cache’❗ Fitur ‘Hapus Cache’ seringkali digunakan untuk membersihkan sampah di HP. Namun, saat menggunakan fitur ini, harus berhati-hati karena Hapus Cache saja menghapus secara tidak sengaja. Sebaiknya hanya menggunakan fitur ini untuk membersihkan sampah saja dan tidak menghapus file penting.
Gunakan aplikasi antivirus✅ Virus menjadi salah satu penyebab terhapusnya file secara permanen. Sebaiknya menggunakan aplikasi antivirus membantu melindungi HP dari virus. Aplikasi antivirus juga bisa membantu memindai yang terinfeksi virus dan menghapusnya sebelum virus menyebar ke file lain di HP.
Hapus file dengan hati-hati❗ Ketika hendak menghapus file, sebaiknya melakukannya dengan hati-hati. Pastikan bahwa yang akan dihapus memang tidak dibutuhkan lagi dan tidak berisi informasi penting. Selain itu, sebaiknya juga menghapus satu per satu dan tidak menghapus secara massal untuk menghindari kesalahan saat proses penghapusan.
Gunakan fitur ‘Recycle Bin’ jika tersedia✅ Beberapa HP memiliki fitur ‘Recycle Bin’ yang mirip dengan fitur di komputer. Recycle Bin memungkinkan untuk memulihkan file terhapus jika diperlukan. Jika memiliki fitur ‘Recycle Bin’, sebaiknya mengaktifkan Recycle Bin agar bisa mengembalikan file yang terhapus dengan mudah.
Lakukan update sistem secara berkala✅ Update sistem juga bisa membantu mencegah penghapusan file permanen di HP. Update sistem biasanya memperbaiki bug atau kerentanan yang dapat dimanfaatkan oleh virus atau malware untuk menghapus file. Sebaiknya selalu melakukan update secara berkala untuk memastikan sistem HP selalu aman.
Gunakan fitur ‘Recovery Mode’ jika terjadi masalah✅ Jika terjadi masalah terhapus permanen atau sistem mengalami kerusakan, sebaiknya menggunakan fitur ‘Recovery Mode’. Recovery Mode memungkinkan untuk memulihkan sistem seperti semula dan memulihkan file terhapus. Namun, penggunaan Recovery Mode harus dilakukan dengan hati-hati dan hanya jika benar-benar diperlukan karena penggunaan tidak benar bisa menyebabkan HP mengalami kerusakan lebih serius.
Hindari root atau jailbreak HP❌ Root atau jailbreak dapat memberikan akses ke sistem HP lebih dalam. Namun membuka kerentanan terhadap serangan virus atau malware yang bisa menghapus secara permanen. Maka lebih baik menghindari melakukan root atau jailbreak  jika tidak benar-benar diperlukan.

Baca : 5 Cara Mengatasi TikTok Tidak Ada Suara dengan Mudah

Dengan melakukan beberapa tips di atas, bisa mencegah penghapusan file permanen. Namun, tetap perlu diingat bahwa kehati-hatian saat menghapus dan penggunaan aplikasi pihak ketiga yang aman juga merupakan faktor penting dalam menjaga keamanan file di HP.

Penutup

Ketika file terhapus permanen di HP, jangan panik. Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk mengembalikan file tersebut. Namun sangat penting untuk mengambil langkah-langkah mencegah penghapusan permanen terjadi.

Data-data terhapus dapat di recovery dengan baik, asalkan hard disk masih berjalan dengan baik. Apabila hard disk telah terkena bad sektor ada baiknya untuk memperbaikinya terlebih dahulu.

Semoga artikel cara mengembalikan file terhapus permanen di HP/PC/laptop diatas yang bisa dilakukan dengan sempurna. Anda dapat menggunakan software diatas sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan.

Baca Juga

Tinggalkan komentar