Cara Merekam Layar HP Oppo untuk Membuat Konten

Cara Merekam Layar HP Oppo – ppdbkepri.id. Jika diperhatikan saat ini sudah banyak konten video yang menggunakan rekaman layar handphone seperti bermain game, tutorial aplikasi, dan lain-lain. Sebenarnya fitur ini sudah terdapat di setiap HP, salah satunya adalah Oppo.

Pengguna bisa merekam layar melalui berbagai cara, baik melalui fitur bawaan atau aplikasi pihak ketiga. Oppo merupakan salah satu pendatang baru di industri smartphone tanah air.

Namun tidak butuh waktu lama hingga brand Oppo merangkak naik. Melabeli diri dengan julukan Camera Phone, HP Oppo memiliki kelebihan pada fitur kameranya. Meski begitu mereka tetap tidak lupa menghadirkan fitur-fitur menarik lainnya.

Apa itu Rekaman Layar

Merekam layar bisa diartikan sebagai proses perekaman seluruh aktivitas yang terjadi pada layar. Biasanya ini digunakan ketika ingin membuat tutorial seputar gadget seperti cara melakukan pengaturan, review aplikasi, dan lain-lain.

Seiring berkembangnya dunia industri hiburan, fitur tersebut kini juga digunakan untuk merekam layar HP Oppo ketika sedang bermain game lalu dijadikan konten. Cara ini dinilai lebih efektif dibandingkan harus melakukan mirroring layar ke komputer atau laptop kemudian merekamnya.

Setelah proses perekaman video selesai, maka sudah bisa langsung diunggah atau diedit terlebih dahulu. Karena hasil rekaman biasanya berukuran besar, kamu harus memastikan masih memiliki cukup banyak ruang memori agar bisa disimpan.

Baca : 3 Cara Mengganti Background Zoom di HP Oppo untuk Pemula

Cara Merekam Layar HP Oppo di Menu Setting

Merekam layar di HP Oppo bisa sangat bermanfaat ketika ingin mendokumentasikan permainan, tutorial, atau membagikan layar HP ke orang lain. Namun banyak pengguna yang masih bingung bagaimana cara merekam layar di HP Oppo. Apabila masih bingung maka ikuti cara merekam layar HP Oppo berikut ini yang dapat digunakan pada semua tipe.

  • Masuk ke menu Pengaturan
  • Lalu, cari opsi Screen Recording
  • Selanjutnya akan muncul tampilan perekaman
  • Pilih menu Record Screen Taps sampai slider berganti ke posisi hidup
  • Akan muncul pemberitahuan bahwa perekaman telah berjalan
  • Lakukan rekaman sesuai kebutuhan, apabila dirasa sudah cukup klik Stop untuk menghentikan rekaman
  • Hasil rekaman akan disimpan di galeri

Sekali lagi pastikan bahwa memori pada handphone cukup besar supaya bisa menyimpan hasil tersebut. Dengan cara diatas kamu bisa merekam layar berdurasi hingga 30 menit atau lebih tergantung dari besar memorinya.

8 Aplikasi untuk Merekam Layar HP Oppo

Cara Merekam Layar Di Hp Oppo Dengan Bantuan Aplikasi

Cara sebelumnya adalah metode tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga, artinya fitur ini sudah disediakan oleh pihak Oppo. Kelebihan cara di atas adalah tidak perlu menginstal apapun, namun biasanya fiturnya sangat terbatas. Jika ingin merasakan perekaman lebih lanjut, kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan. Berikut adalah daftar untuk merekam layar HP Oppo yang bisa digunakan.

1. AZ Screen Recorder

Az Screen Recorder

AZ Screen Recorder masuk dalam urutan pertama karena sudah sering digunakan banyak pengguna. Ratingnya pun bisa dibilang cukup bagus dan banyak orang cocok menggunakannya. AZ screen recorder mempunyai berbagai macam fitur menarik seperti screen shot, video editor, screen recording, dan lain-lain.

Tidak main-main, video bisa diatur kualitasnya hingga 1080p 60 FPS sekalipun. Untuk menggunakannya juga cukup mudah, ikuti cara dibawah ini.

  • Pertama download AZ Screen Recorder di Google Play Store secara gratis lalu pasang seperti biasa
  • Setelah itu jalankan AZ screen recorder
  • Tekan tombol Start apabila ingin memulai perekaman
  • Salah satu kelebihan AZ screen recorder adalah tidak ada watermark sehingga hasil video bisa terlihat lebih baik

2. Super Screen Recorder

Super Screen Recorder

Aplikasi Super Screen Recorder yang dikembangkan oleh Happy Bees mempunyai banyak sekali fitur menarik seperti video editor, GIF maker, dan Full HD screen recording. Tak hanya itu, pengguna juga dapat menambahkan latar belakang musik pada hasil rekaman. Jadi kamu tidak memerlukan aplikasi editing lagi ketika ingin membuat video, apalagi terdapat fitur face cam.

Baca : 5 Cara Menyambungkan HP OPPO ke TV dan Tipenya

3. Google Play Game

Google Play Game

Google Play Spiele
Google Play Spiele
Developer: Google LLC
Price: Free

Meskipun namanya berhubungan dengan games, namun jangan salah, aplikasi bawaan Google ini ternyata bisa dimanfaatkan merekam layar. Sesuai namanya Google Play Game sangat cocok digunakan merekam ketika sedang bermain game. Kamu bisa menggunakannya untuk membuat konten tutorial game maupun gameplay. Pengguna bisa membuat rekaman beresolusi hingga 720p, lebih dari cukup bagi sebuah aplikasi bawaan.

4. Xrecorder

Xrecorder

Bildschirmaufnahme - XRecorder
Bildschirmaufnahme - XRecorder

Xrecorder juga termasuk salah satu aplikasi paling populer untuk merekam layar. Aplikasi yang diluncurkan InShot Inc ini mempunyai banyak fitur menarik seperti screenshot dan juga mendukung semua video. Pengguna bisa memakai fitur record gameplay serta video editor guna membuat sebuah konten gaming menarik.

Kelebihan Xrecorder adalah tidak adanya watermark, jadi kamu bisa secara bebas membagikan melalui berbagai platform seperti YouTube atau Instagram. Selain itu tidak ada batasan durasi serta tidak membutuhkan root terlebih dahulu jika ingin menggunakannya. Apabila masih bingung memilih aplikasi, Xrecorder bisa menjadi pilihan tepat.

5. Mobizen

Mobizen

Mobizen Bildschirmaufzeichnung
Mobizen Bildschirmaufzeichnung
Developer: MOBIZEN
Price: Free

Mobizen menawarkan kepada penggunanya melakukan perekaman layar dengan kualitas terbaik. Mereka bisa merekam video hingga resolusi 1080p 60 FPS. Kualitas tersebut sudah sangat layak diupload ke YouTube untuk mendapatkan grafis yang bagus. Apabila kamu sering membuat konten gaming, sepertinya ini adalah pilihan cukup baik.

Seperti beberapa aplikasi sebelumnya, video yang dihasilkan tidak terdapat watermark. Akan tetapi beberapa pengguna kerap menemui beberapa masalah seperti proses tiba-tiba berhenti dan tidak tersimpan. Agar terhindar dari masalah tersebut, cobalah melakukan rekaman beberapa kali. Apabila terdapat masalah, kamu bisa berganti ke aplikasi lainnya.

6. Screen Recorder with Audio and Editor

Screen Recorder With Audio And Editor

Terlihat dari namanya, aplikasi ini memiliki fitur melakukan rekaman layar disertai editor video dan audio. Beberapa pengguna Oppo juga kerap menggunakan aplikasi tersebut. Ukurannya tergolong kecil yakni hanya sekitar 3 MB saja, maka cocok digunakan jika kamu tidak ingin menggunakan aplikasi terlalu besar. Selain itu pengguna juga bisa melakukan screenshot video.

7. Background Video Recorder

Background Video Recorder

Hintergrundvideorecorder
Hintergrundvideorecorder

Setiap aplikasi memiliki kebutuhannya masing-masing. Apabila pengguna hanya ingin melakukan rekaman dalam durasi singkat, Background Video Recorder merupakan pilihan tepat. Proses perekaman latar belakang serta video di layar dapat dijalankan secara cepat. Tidak hanya itu, ada beberapa fitur menarik yang bisa digunakan.

Di sisi lain beberapa pengguna masih sering menemui beberapa masalah seperti adanya bug. Bug ini bisa berupa berhenti tiba-tiba atau keluar aplikasi tanpa keterangan. Selain itu kekurangan dari Background Video Recorder adalah tidak ada fitur go back atau resume sehingga rekaman hanya bisa dilakukan sekali jalan.

Baca : 2 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Oppo

8. Game Screen Recorder

Game Screen Recorder

Seperti namanya, perekam Game Screen Recorder didesain khusus oleh DGenius Mobile guna merekam aktivitas gaming secara mudah tanpa harus melakukan root. Pengguna bisa lebih mudah melakukan editing serta langsung membagikan hasil rekaman ke sosial media.

Akan tetapi satu hal yang mungkin cukup disayangkan adalah belum adanya fitur livestreaming. Maka kita doakan saja semoga suatu saat nanti akan ada update untuk ditambahkan fitur tersebut.

[UPDATE APLIKASI SUDAH DI HAPUS]

Itulah tadi beberapa cara merekam layar HP Oppo menggunakan fitur bawaan maupun aplikasi tambahan. Apabila ingin hasil lebih aman, gunakan fitur bawaan. Akan tetapi jika ingin mendapatkan pengalaman lebih baik, silahkan pakai aplikasi pihak ketiga. Namun yang jelas pastikan aplikasi tersebut legal serta memiliki rating baik agar tidak menyesal setelah mendownloadnya.

Baca Juga