5 Cara Merekam Layar HP Realme yang Simpel dan Mudah

Cara Merekam Layar HP Realme – ppdbkepri.id. Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan fitur rekam layar. Fitur ini memfasilitasi pengguna smartphone merekam seluruh aktivitas pada layar ponsel.

Biasanya merekam layar digunakan seorang content creator ketika membuat video tutorial khususnya di handphone. Semua smartphone sudah mendukung fitur ini, salah satunya adalah Realme.

Realme memang terkenal sebagai ponsel dengan fitur mewah namun memiliki harga terjangkau. Tidak heran jika brand satu ini bisa langsung mengambil hati para pecinta gadget tanah air menyaingi pendahulunya seperti Samsung, Asus, dan lain-lain.

Jika Anda salah satu pengguna ponsel ini serta ingin membuat konten yang membutuhkan rekaman layar, ada baiknya simak pembahasan cara merekam layar HP Realme berikut ini.

Cara Merekam Layar Hp Realme

Apa itu Perekam Layar?

Seperti sudah disinggung sebelumnya, perekam layar atau screen recording merupakan fitur pada ponsel yang berfungsi merekam seluruh aktivitas pada layar. Pengguna bisa mengatur resolusi video sesuai kebutuhan untuk nantinya diunggah di YouTube atau media sosial lainnya.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan dalam proses perekaman layar, yakni tanpa aplikasi serta dengan aplikasi. Masing-masing cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Tanpa aplikasi memang terbilang praktis, namun fiturnya sangat terbatas. Sementara itu, menggunakan aplikasi pihak ketiga bisa memungkinkan penggunanya menikmati fitur lebih lengkap.

Namun perlu diketahui bahwa karena ukuran hasil rekaman biasanya cukup besar, pastikan ponsel memiliki ruang memori cukup.

5 Cara Merekam Layar HP Realme yang Bisa Dilakukan dengan Mudah

Setelah mengetahui pengertian perekam layar di atas, Anda bisa mulai mempraktikkan cara merekam layar HP Realme berikut ini. Silakan simak semua cara terlebih dahulu dan pilih mana yang menurut Anda paling cocok dipakai.

Hal ini karena setiap orang memiliki selera masing-masing. Ada orang lebih memilih cara simpel, namun ada pula pengguna ingin mendapatkan hasil lebih baik menggunakan berbagai macam fitur.

1. Merekam layar tanpa aplikasi

Meskipun tanpa aplikasi, Anda harus melakukan persiapan terlebih dahulu, yakni memunculkan fitur di Quick Menu supaya lebih mudah digunakan. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Buka Quick Menu pada bar notifikasi dengan cara swipe layar dari atas ke bawah
  • Biasanya fitur perekam layar belum muncul di menu ini
  • Pilih ikon 9 titik di bagian kanan atas
  • Pilih menu Screen Recording
  • Pindahkan ke halaman Quick Menu
  • Pilih Done untuk menyimpan

Jika berhasil, maka akan muncul menu screen recording. Setelah itu, pengguna bisa dengan mudah melakukan rekaman layar tanpa harus membuka apapun.

Untuk mulai merekam layar, Anda cukup buka Quick Menu lalu memilih ikon Screen Recording. Berikan izin akses apabila sistem meminta. Dalam 3 detik, Screen Recording akan langsung aktif.

Saat merekam, akan terlihat tombol melayang pada layar. Tombol tersebut berfungsi memberikan informasi terkait durasi rekaman yang sudah diambil.

Pengguna juga bisa menghentikan perekaman melalui tombol tersebut. Jika perekaman sudah selesai, klik saja tombol tersebut, maka hasil rekaman akan disimpan otomatis ke memori internal.

Apabila ingin melihat hasil rekaman, pengguna bisa membuka folder Screenshots pada menu Photos. Secara default resolusi video tersebut adalah medium resolusi 720p.

Akan tetapi, Anda bisa mengubah kualitas tersebut hingga 1080p atau 480p. Sesuaikan kualitas video dengan memori agar bisa tersimpan bik serta terhindar dari crash.

2. Menggunakan aplikasi Mobizen

Cara berikutnya adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga, yakni Mobizen. Aplikasi ini sudah digunakan oleh banyak orang sehingga tidak perlu khawatir mengenai kualitasnya.

Namun karena selera orang berbeda-beda, ada kemungkinan muncul ketidakcocokan akan aplikasi ini. Mobizen dapat diunduh secara gratis di Google Play Store.

Salah satu kelebihan aplikasi ini adalah kualitasnya yang sangat jernih. Jika Anda ingin membuat konten berkualitas, Mobizen bisa menjadi salah satu pilihan tepat.

Bahkan pengguna bisa secara langsung melakukan editing sehingga bisa menjadi lebih efektif tanpa perlu harus menggunakan aplikasi lainnya.

3. Menggunakan aplikasi Az Screen Recorder

Aplikasi ini juga tak kalah populer dengan sebelumnya. Az Screen Recorder berhasil memikat hati para penggunanya karena fitur lengkap serta user interface sangat friendly.

Menariknya, Anda tidak perlu melakukan root terlebih dahulu agar bisa menikmati seluruh fiturnya. Untuk mengunduhnya pun bisa dilakukan secara gratis di Google Play Store.

4. Menggunakan aplikasi Game Screen Recorder

Memiliki hobi membuat konten gaming? Bisa jadi ini aplikasi yang tepat untuk Anda. Sesuai namanya, Game Screen Recorder dibuat khusus membantu penggunanya merekam layar HP Realme pada saat proses bermain game.

Kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Tak hanya itu, suara internal juga jernih sehingga hasil rekaman bisa lebih maksimal dan nyaman didengarkan.

5. Menggunakan aplikasi DU Recorder

Terakhir, Anda juga bisa menggunakan aplikasi DU Recorder. Memiliki rating di atas 4, tidak heran jika banyak penggunanya merasa puas akan kualitasnya.

Beberapa kelebihan DU Recorder antara lain suara jelas, kualitas video tinggi, serta gratis digunakan. Apabila masih bingung memilih aplikasi, DU Recorder wajib sekali dicoba.

Mengatasi Masalah Ketika Melakukan Rekaman Layar

Mengatasi Masalah Ketika Melakukan Rekaman Layar

Cara-cara di atas memang bisa digunakan dalam merekam layar, akan tetapi bukan berarti tidak ada masalah akan muncul ketika proses merekam layar HP Realme. Ada beberapa hal yang mungkin terjadi saat melakukan rekaman.

Jika terjadi masalah tersebut, silahkan lakukan cara-cara berikut ini. Meskipun tidak semua masalah bisa diatasi, namun lebih baik jika mencobanya dulu.

1. Melepas earphone

Sering mengalami masalah ketika ingin merekam layar beserta audio internalnya? Cobalah untuk melepaskan earphone atau headphone terlebih dahulu kemudian pasang kembali sembari melakukan restart pada perekaman.

Pilih Audio Internal pada pengaturan suara perekam layar lalu coba rekam kembali setelahnya. Apabila berhasil, mungkin

2. Restart handphone

Masalah mungkin terjadi karena ponsel bekerja terlalu keras karena menjalankan banyak aplikasi. Dalam hal ini, silakan restart ponsel terlebih dahulu.

Cara ini akan membuat seluruh proses terhenti. Ketika dihidupkan, maka semua kembali lagi ke kondisi awal. Hal ini bisa menjadi solusi atas berbagai masalah, salah satunya pada perekaman layar.

3. Uninstal aplikasi

Jika Anda mengalami masalah ketika merekam menggunakan aplikasi pihak ketiga, bisa jadi aplikasi tersebut tidak cocok dengan tipe ponsel. Solusinya adalah mencopot pemasangan lalu mencari aplikasi lainnya.

Sebagai catatan, bukan berarti ini menandakan aplikasi tidak berkualitas, melainkan hanya ketidakcocokan saja. Masih ada kemungkinan aplikasi tersebut tetap berfungsi normal di ponsel lain.

4. Pastikan sudah mendukung rekaman internal

Banyak pengguna smartphone mengeluhkan tidak bisa merekam audio internal meskipun pada aplikasi sudah terdapat fitur tersebut. Biasanya hal ini disebabkan karena ponsel belum mendukung perekaman audio internal.

Demikian sedikit penjelasan mengenai beberapa cara merekam layar HP Realme yang bisa dilakukan tanpa ribet dan susah payah. Perlu diketahui, karena terdapat berbagai tipe HP Realme, antara satu dengan yang lain mungkin memiliki hasil berbeda.

Namun jangan khawatir karena Anda hanya perlu menemukan cara atau aplikasi paling cocok sesuai tipe ponsel Anda tersebut. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu bersyukur setiap hari ya 🙂

Baca Juga

Tinggalkan komentar