2 Cara Merekam Layar HP Xiaomi dengan Mudah

Apakah kamu merupakan salah satu pengguna handphone Xiaomi? Jika iya mungkin sudah tidak asing dengan adanya fitur rekam layar. Biasanya pengguna merekam layar ketika ingin membuat konten video. Entah itu tutorial seputar ponsel, review aplikasi maupun merekam aktivitas gaming untuk kemudian diunggah di media sosial atau YouTube. Xiaomi menyediakan fitur perekaman layar bawaan di smartphone mereka yang bisa manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan kamu .

Xiaomi memang sudah cukup lama masuk dalam jajaran gadget paling populer di pasaran Indonesia. Selain harganya terjangkau, spesifikasi yang dihadirkan lumayan mewah. Bisa dibayangkan hanya dengan mengeluarkan uang sekitar 1,5 juta rupiah saja kamu sudah mendapatkan spesifikasi gahar. Belum lagi jika membeli dalam keadaan bekas.

Apa itu Rekam Layar?

Apa itu Rekam Layar

Secara sederhana rekam layar merupakan fitur merekam seluruh aktivitas pada layar HP. Seperti telah disinggung di bagian sebelumnya tujuan perekaman adalah untuk dijadikan konten video atau dokumentasi. Pada dasarnya fitur rekam layar merupakan bawaan langsung dari pabrik. Akan tetapi karena fiturnya lumayan terbatas, beberapa pengguna biasanya menggunakan aplikasi pihak ketiga dengan fitur lebih lengkap.

2 Cara Merekam Layar HP Xiaomi Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Merekam Layar HP Xiaomi Tanpa Aplikasi Tambahan

Ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk merekam layar HP Xiaomi tanpa menggunakan aplikasi tambahan atau pihak ke 3. Dengan begitu akan menghemat memori internal dan dapat menggunakannya untuk yang lainnya.

1. MIUI Screen Recorder

Jika ponsel kamu sudah menggunakan MIUI versi 8 atau di atasnya, biasanya sudah disediakan perekam layar bawaan yang bernama MIUI Screen Recorder. Fitur ini memungkinkan para penggunanya dapat merekam layar secara mudah dan cepat. Pengguna tidak perlu repot-repot mengunduh serta memasang aplikasi pihak ketiga. Cara merekam menggunakan MIUI Screen Recorder cukup sederhana.

  • Buka menu Tools
  • Lalu pilih Screen Recorder
  • Setelah itu akan muncul halaman utama berisi tampilan menu video, pengaturan, dan juga screen recording berlogo kamera
  • Pilih tombol Start Recording untuk memulai
  • Kamu dapat melakukan pengaturan dengan cara klik pada menu Settings berlogo gerigi di pojok kanan atas
  • Beberapa pengaturan yang bisa dilakukan antara lain mengubah resolusi video, kualitas video, sumber audio, serta frame rate
  • Atur menu tersebut sesuai kebutuhan
  • Ketika proses perekaman dimulai, maka di bagian layar akan terlihat tombol Screen Recorder melayang
  • Silakan lakukan aktivitas seperti membuka aplikasi, bermain game, dan lain-lain
  • Waktu durasi video juga akan ditampilkan sehingga kamu bisa mengetahui sudah seberapa lama proses perekaman berjalan
  • Setelah selesai, tekan tombol merah yang terdapat di samping durasi video
  • Selanjutnya hasil rekaman akan secara otomatis disimpan di galeri
  • Sebelum membagikan ke media sosial, pengguna dapat melakukan sedikit editing terlebih dahulu
  • Selesai

2. Audio Internal

Untuk konten tertentu, audio internal memang tidak terlalu dibutuhkan. Akan tetapi, jika ingin membuat konten seperti rekaman bermain game, faktor ini memiliki pengaruh sangat penting. Tanpa adanya audio internal, video akan terasa hambar. Namun jika audio direkam secara eksternal suaranya akan terdengar tidak nyaman. Oleh sebab itu, perlu dilakukan perekaman menggunakan audio internal.

  • Buka Screen Recorder
  • Masuk ke menu Pengaturan
  • Selanjutnya akan muncul beberapa pilihan menu seperti kualitas video, orientasi, frame rate, dan sumber audio
  • Hal perlu dilakukan hanyalah mengubah bagian Orientation ke mode Auto serta sumber audio ke Internal Audio
  • Jika berhasil maka sistem akan merekam audio internal ketika rekaman layar berlangsung
  • Selesai

Baca : 3 Cara Menghapus Cache HP Samsung dengan Mudah

Pengaturan Pada MIUI Screen Recorder

Pengaturan Pada MIUI Screen Recorder

Mungkin dalam proses perekaman pertama hasilnya dirasa kurang maksimal. Bisa jadi hal itu dikarenakan pengaturan yang tidak sesuai. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan pengaturan terlebih dahulu. Lalu pengaturan apa saja dilakukan di fitur ini?

1. Resolusi Video

Pengguna dapat mengatur resolusi video sesuai kebutuhan. Pada dasarnya semakin besar resolusinya, kualitas video juga semakin baik. Akan tetapi konsekuensinya adalah ukurannya juga bertambah besar. Resolusi maksimal yang bisa digunakan adalah 1280×720. Resolusi tersebut sudah lebih dari cukup jika ingin membuat konten berupa tutorial. Jadi tidak perlu terlalu besar agar dapat menghemat kekuatan dama penyimpanan HP.

2. Kualitas Video

Selain resolusi kualitas video juga bisa diatur. Agar mendapatkan hasil maksimal gunakan kualitas video minimal 16 Mbps. Biasanya ukuran ini sudah memungkinkan penonton bisa melihat seluruh font pada rekaman secara jelas.

3. Laju Bingkai dan Sumber Suara

Laju bingkai bisa digunakan jika kamu ingin membuat gerakan pada video menjadi lebih halus. Selain itu pengaturan ini juga berfungsi mengurangi blur. Semakin tinggi laju bingkai semakin baik pula kualitas video. Di sisi lain pengaturan sumber suara dapat dipilih apakah ingin menggunakan audio internal atau eksternal.

2 Cara Merekam Layar HP Xiaomi Menggunakan Aplikasi

Merekam Layar Hp Xiaomi Menggunakan Aplikasi

Cara diatas bisa dilakukan tanpa harus menggunakan aplikasi. Namun biasanya fitur yang dihadirkan sangat terbatas. Jika ingin mendapatkan pengalaman perekaman lebih baik, menggunakan aplikasi pihak ketiga menjadi pilihan tepat. Berikut ini ada beberapa rekomendasi aplikasi untuk merekam layar HP Xiaomi paling sering digunakan.

1. ADV Screen Recorder

Aplikasi pertama adalah ADV Screen Recorder. Dikembangkan oleh ByteRev, aplikasi ini sudah didownload hingga 90.000 pengguna lebih. Jadi kamu tidak perlu khawatir mengenai kualitasnya. User interface ADV Screen Recorder sangat nyaman bagi pengguna baru. Selain itu fitur-fiturnya pun sangat lengkap. ADV Screen Recorder bisa diunduh secara gratis di Google Play Store.

Download Aplikasinya Dibawah Ini

ADV Screen Recorder
ADV Screen Recorder
Developer: ByteRev
Price: Free

2. Game Screen Recorder

Sesuai namanya Game Screen Recorder merupakan aplikasi perekam layar yang dikhususkan untuk membuat konten gaming. Meski begitu tidak menutup kemungkinan aplikasi ini digunakan keperluan lain. Salah satu keunggulan Game Screen Recorder adalah adanya Prologue Editor. Pengguna bisa mengedit prolog lalu menambahkan ke video rekaman.

Download Aplikasinya Dibawah Ini

Game Screen Recorder
Game Screen Recorder
Developer: DGenius Mobile
Price: Free

Baca : Cara Menghapus Cache HP Realme Agar Tidak Lemot Mudah

Itulah tadi beberapa cara merekam layar HP Xiaomi dengan mudah. Setelah memahaminya kamu bisa segera membuat konten video dan membagikannya ke media sosial maupun platform berbagi video lainnya seperti YouTube.

Baca Juga