3 Cara Reset HP Oppo ke Pengaturan Pabrik yang Gampang

Cara Reset HP Oppo ke Pengaturan Pabrik – ppdbkepri.id. Oppo merupakan merek smartphone asal Tiongkok yang berhasil memperluas pasar hingga ke lebih dari 50 negara dan salah satu brand terlaris adalah di Indonesia.

Bukan tanpa alasan, brand yang berdiri sejak tahun 2004 ini mematok harga bervariasi untuk produk smartphone-nya sesuai dengan kantong konsumen. Meskipun begitu ponsel ini juga tak lepas dari permasalahan sehingga diperlukan reset HP Oppo ke pengaturan pabrik.

Pasalnya ketika ponsel Oppo mengalami error berulang kali ataupun mulai terasa lemot karena terlalu banyak cache menumpuk, salah satu pilihan tepat yang dapat dilakukan adalah melakukan reset pabrik ponsel tersebut.

Cara Reset Hp Oppo Ke Pengaturan Pabrik Yang Gampang

Apa yang Dimaksud Reset HP ke Pengaturan Pabrik?

Reset pabrik atau factory reset adalah mengembalikan ponsel ke status sistem tidak aktif, dengan cara menghapus data-data pada ponsel secara opsional. Sehingga akan mengembalikan perangkat smartphone seperti kondisi ketika pertama kali dikeluarkan dari box.

Seluruh data atau file yang tersimpan di perangkat pun akan hilang, mulai dari file foto, video, musik, SMS, kontak, hingga aplikasi. Selain itu, pengaturan pada ponsel juga akan kembali seperti kondisi awal setelah dikeluarkan dari box.

Jadi nantinya seluruh pengaturan yang sebelumnya dilakukan oleh pengguna akan kembali ke pengaturan default. Namun sayangnya reset secara berlebihan juga tidak baik, maka gunakan waktu reset sebaik mungkin.

3 Cara Reset HP Oppo ke Pengaturan Pabrik dengan Gampang

Terdapat 3 cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan smartphone kembali seperti kondisi pabrik, yakni melalui menu Pengaturan, menu Android Recovery, serta layanan Find My Device. Yuk simak penjelasan berikut ini untuk membuat kita bisa dan paham.

1. Menu Pengaturan

Cara di bawah ini dapat dilakukan untuk semua tipe HP Oppo. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu Pengaturan atau Settings.
  • Pilih opsi menu “Cadangkan dan Reset” atau (Back up and Reset).
  • Klik pada “Reset Data Pabrik” atau (Factory Data Reset).
  • Apabila ingin menghapus seluruh data di media, ceklis pada menu “Erase Phone Storage“. Apabila tidak ingin menghapus data, maka tidak perlu diceklis.
  • Klik “Reset Phone“.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses berhasil.
  • Selesai.

2. Menu Android Recovery

Apabila ponsel Oppo Anda tidak dapat masuk ke menu Home, caranya cukup berbeda dari yang telah disebutkan di atas. Bagaimana caranya? Simak langkah-langkahnya berikut ini:

  • Nonaktifkan terlebih dahulu perangkat ponsel.
  • Tekan tombol volume bawah serta tombol power secara bersamaan, tahan selama beberapa detik.
  • Setelah muncul logo Oppo, lepaskan tombol power (tombol volume bawah masih ditahan).
  • Ketika tertera opsi pemilihan bahasa, lepaskan tombol volume bawah.
  • Pilih opsi bahasa Inggris. Untuk mengonfirmasi pilihan gunakan tombol power, namun untuk smartphone Oppo tipe baru dapat memilih langsung menggunakan touchscreen.
  • Klik pada “Wipe Data and Cache“, gunakan tombol volume atas dan bawah untuk navigasi.
  • Klik “Yes” untuk mengonfirmasi.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses berhasil.
  • Klik menu “Reboot“, smartphone akan ter-restart secara otomatis.
  • Selesai.

3. Layanan Find My Device

Cara men-setting HP kembali ke pengaturan pabrik selanjutnya adalah melalui layanan Find My Device.

Find My Device sendiri merupakan layanan Google yang dapat digunakan untuk me-remote ponsel dari jarak jauh, dan umumnya digunakan ketika mencari ponsel yang hilang dicuri.

Meskipun begitu, layanan Google ini juga dapat digunakan untuk mengembalikan smartphone ke setelan pabrik. Berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan laptop, PC, ataupun ponsel lainnya untuk mengakses browser.
  • Salin link berikut ini https://google.com/android/find
  • Buka browser.
  • Isi email beserta kata sandi.
  • Pilih ponsel Anda melalui menu sebelah kiri.
  • Klik opsi menu “Hapus Data“.
  • Klik tombol “Hapus” untuk mengonfirmasi penghapusan.
  • Selesai.

Apa yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Melakukan Factory Reset?

Terdapat beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan proses reset HP Oppo. Hal ini bertujuan agar tidak ada yang sekiranya sudah melakukan reset namun lupa belum melakukan suatu langkah.

Lalu apa saja itu? Berikut penjelasannya.

Memindahkan File

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum mereset pabrik HP adalah memindahkan file penting. Pindahkan file seperti foto, video, musik, hingga kontak ke media penyimpanan lainnya, dengan begitu file tersebut tidak akan hilang terhapus.

Mencadangkan Data dan Aplikasi ke Akun Google

Selain memindahkan file ke media penyimpanan lain, pengguna juga dapat mencadangkan data serta aplikasi ke akun Google. Sehingga nantinya data dapat di-recovery kembali dengan mudah dan cepat.

Menyiapkan Daya Baterai Ponsel

Hal tak kalah penting adalah menyiapkan daya baterai ponsel, setidaknya minimal 70%. Pasalnya HP yang kehabisan daya di tengah-tengah proses reset pabrik dapat berdampak pada rusaknya sistem atau bootloop.

Untuk itu pastikan Anda mengisi daya baterai HP hingga full terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas tersebut. Agar nantinya proses reset HP Oppo bisa berjalan dengan lancar.

Apa Perbedaan Reboot dan Reset?

Mungkin ada dari sebagian Anda semua yang masih bingung dan belum paham perbedaan dari reboot dan reset pada sebuah HP. Lalu apa saja perbedaan tersebut?

Reboot

Jika diartikan, ‘re’ berarti memulai kembali, serta ‘boot’ dapat diartikan sebagai proses memuat sistem. Sehingga jika diartikan secara menyeluruh, reboot adalah memulai kembali proses loading pada sistem.

Istilah reboot sebenarnya sama dengan restart, karena sama dengan ‘memulai ulang’. Banyak pengguna HP yang bingung dengan perbedaan istilah reboot dan restart, padahal kedua hal tersebut sama.

Pasalnya istilah ‘mulai ulang’ di setiap tipe ponsel Android berbeda, ada yang mencantumkan restart namun ada pula menyebutnya dengan reboot.

Reset

Berbeda dengan reboot, reset dapat menghapus dan mengatur sistem kembali seperti setelan pabrik atau default system. Sehingga proses ini terbilang lebih ‘berat’ dari hanya sekedar me-restart HP, karena seluruh data dan pengaturan pada ponsel akan hilang.

Tips Reset HP Oppo ke Pengaturan Pabrik yang Benar

Tips Reset Hp Oppo Ke Pengaturan Pabrik Yang Benar

Sebelum melakukan factory reset, pengguna perlu mengetahui data apa saja yang umumnya akan hilang. Mulai dari aplikasi yang sebelumnya terpasang di HP, seluruh kontak di memori internal ataupun memori eksternal, data yang disimpan di penyimpanan internal seperti foto, video, musik, data aplikasi, hingga dokumen.

Untuk itu simak tips amannya di bawah ini.

Back Up Aplikasi dan File

Jika memiliki aplikasi penting yang datanya tidak ingin hilang terhapus, wajib melakukan back up aplikasi terlebih dahulu menjadi file mentah. Setelah berhasil dicadangkan, nantinya apk tersebut dapat disimpan di memori eksternal serta bisa digunakan kembali setelah selesai me-reset HP.

Selain aplikasi, file penting seperti foto, video, musik, dokumen, serta data penting lainnya juga wajib dipindahkan terlebih dahulu.

Menyalin Kontak

Aktivitas ini kerap dilupakan para pemilik smartphone yang ingin melakukan reset pabrik. Padahal, nomor kontak merupakan salah satu data penting yang nantinya dapat hilang terhapus ketika selesai proses reset.

Terlebih apabila pengguna menyimpan kontak tersebut di penyimpanan internal. Untuk itu disarankan agar memindahkan atau menyalin kontak penting ke kartu SIM atau ke akun email agar tetap aman.

Jangan Terlalu Sering

Meskipun aktivitas reset dipercaya dapat menyelesaikan permasalahan pada smartphone seperti ponsel lemot, kerap error, aplikasi keluar dengan sendirinya, dan lain-lain, namun terlalu sering melakukan factory reset pada HP juga tidak baik.

Karena bukan tak mungkin pengguna justru akan menemukan masalah baru ketika proses reset pabrik, sebut saja bootloop hingga HP menjadi terkunci.

Demikianlah cara mudah reset HP Oppo ke pengaturan pabrik yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Terlebih bagi Anda yang masih awam, maka sangat wajib untuk mengetahui hal tersebut.

Untuk melakukannya bisa menggunakan menu pengaturan, menu Android Recovery, hingga layanan Find My Device. Kita sebagai pengguna dapat memilih sesuai dengan tipe smartphone Oppo masing-masing dan cara yang sekiranya paling mudah.

Baca juga

Tinggalkan komentar