3 Cara Reset HP Realme ke Pengaturan Pabrik dengan Simpel

Cara Reset HP Realme ke Pengaturan Pabrik – ppdbkepri.id. Produk smartphone keluaran Tiongkok Realme menjadi salah satu ponsel yang cukup banyak digandrungi. Sebab didalamnya selalu memberikan spesifikasi yang mumpuni.

Bahkan pada tahun 2019 lalu, Realme sukses merangkak naik ke posisi empat dalam daftar Top 5 Smartphone Brand Indonesia. Maka tidak heran apabila Realme menjadi salah satu brand pilihan anak muda di Indonesia.

Namun bagi pengguna ponsel Realme, tak jarang menemukan permasalahan tertentu sehingga ingin melakukan reset HP Realme ke pengaturan pabrik. Entah itu karena kena virus, sering hang ataupun karena ingin di jual.

Pasalnya meskipun diklaim mengusung spesifikasi garang, namun smartphone Realme tak berbeda dengan HP Android lainnya yang dapat mengalami permasalahan umum.

Untuk itu tak jarang reset pabrik menjadi langkah terakhir ketika permasalahan dirasa sudah terlampau parah. Lantas bagaimana caranya? Simak penjelasan ppdbkepri.id selengkapnya di bawah ini.

Cara Reset Hp Realme Ke Pengaturan Pabrik

Apa itu Reset HP ke Pengaturan Pabrik?

Mungkin tak jarang para pengguna smartphone kerap mendengar jika mereset HP ke pengaturan pabrik dapat mengatasi beberapa permasalahan di HP. Namun apa sebenarnya reset HP Realme tersebut?

Reset pabrik atau factory merupakan proses pengembalian perangkat ponsel ke pengaturan semula atau ke pengaturan pabrikan ketika pertama kali dikeluarkan dari box. Sehingga seluruh data yang tersimpan termasuk foto, video, lagu, kontak, aplikasi, ataupun file lainnya akan hilang.

Cara Reset HP Realme ke Pengaturan Pabrik tanpa Ribet

Terdapat beberapa cara reset HP Realme yang dapat dilakukan untuk mengembalikan HP ke pengaturan pabrik yang dapat dilakukan. Berikut ini adalah cara-caranya.

1. Melalui Menu Settings

Untuk dapat memulihkan ponsel seperti pengaturan pabrik, Anda dapat membuka menu pengaturan atau settings. Namun disarankan sebelum melakukan aktivitas ini, pengguna perlu melakukan back up data terlebih dahulu agar tidak hilang terhapus.

Jika sudah, berikut langkah-langkahnya.

  • Buka menu Settings.
  • Klik pada opsi menu “Addition Settings“.
  • Pilih “Back up & Reset“.
  • Klik pada opsi “Erase All Data Factory Reset“.
  • Klik pada “Erase All Data” untuk melanjutkan proses factory.
  • Akan muncul pop-up peringatan yang memberitahukan jika cara ini dapat menghapus seluruh data, tetap pilih “Erase Data“.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses pemulihan berhasil.
  • Selesai.

2. Factory Reset untuk ColorOS

Bagi pengguna Realme yang menggunakan sistem operasi ColorOS seperti tipe 6 Pro, 5 Pro, C2, dan lain-lain, dapat melakukan reset HP Realme melalui menu Recovery. Berikut langkah-langkahnya.

  • Nonaktifkan ponsel terlebih dahulu.
  • Tekan tombol power serta tombol volume bawah secara bersamaan selama beberapa detik.
  • Tunggu beberapa saat hingga tertera logo Realme.
  • Pilih “English” sebagai pilihan bahasa dengan menekan tombol volume sebagai navigasi, serta tombol power untuk mengonfirmasi.
  • Klik “Wipe Data & Cache“.
  • Pilih “Yes” untuk proses persetujuan.
  • Tunggu beberapa saat lalu klik “Reboot“.
  • Selesai.

3. Factory Reset untuk Realme UI

Bagi Anda pengguna Realme dengan sistem operasi UI, cara memulihkan HP ke kondisi pabrik sedikit berbeda dengan ColorOS. Ikuti tutorialnya di bawah ini.

  • Nonaktifkan smartphone terlebih dahulu.
  • Tekan tombol power serta tombol volume bawah secara bersamaan selama beberapa detik.
  • Tunggu beberapa saat hingga tertera logo Realme.
  • Pilih “English” sebagai pilihan bahasa dengan menekan tombol volume sebagai navigasi, serta tombol power untuk mengonfirmasi.
  • Tunggu hingga tertera menu “Realme UI Recovery“.
  • Klik pada “Wipe Data“.
  • Masukkan kunci layar yang Anda gunakan.
  • Klik pada opsi “Format Data“.
  • Pilih “Format“.
  • Tunggu beberapa saat lalu pilih “Reboot“.
  • Selesai.

Apa yang Berubah Setelah Reset Pabrik Berhasil?

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, memulihkan HP kembali ke kondisi pabrik dapat menghilangkan seluruh file yang ada di smartphone sebut saja foto, video, lagu, kontak, aplikasi, ataupun file lainnya. Namun tak hanya itu, tentu dapat menghilangkan setting-an atau pengaturan ponsel yang telah dilakukan sebelumnya.

Sehingga nantinya tampilan smartphone akan kembali seperti kondisi semula ketika saat dikeluarkan dari box. Untuk itu ada baiknya pengguna melakukan back up data terlebih dahulu, sehingga file penting tidak akan turut hilang terhapus.

Apakah Reset HP Bisa Berbahaya?

Mungkin Anda sering mendengar pengguna smartphone lainnya yang mengatakan jika melakukan factory reset pada HP cukup berbahaya. Benarkah demikian?

Aktivitas ini sah-sah saja dilakukan apabila tidak terlalu sering. Dalam artian, pengguna tidak lantas melakukan reset pabrik terus menerus ketika terjadi masalah pada ponselnya.

Contohnya saja lupa kata sandi, terjadi error pada sistem, terkena virus, dan lain-lain. Pasalnya meskipun dapat memulihkan dan mengembalikan performa HP seperti sedia kala, aktivitas ini juga menyimpan beberapa dampak yang jarang diketahui.

Contohnya bootloop yang mungkin dapat terjadi ketika proses berjalan tidak sempurna. Bootloop dapat menyebabkan kerusakan pada ponsel, terlebih pada sistem operasi.

Sayangnya, bootloop dapat terjadi secara tiba-tiba dan tidak dapat diprediksi. Gagalnya proses booting tersebut bisa terjadi karena beberapa hal, salah satunya ponsel mati karena kehabisan baterai ketika proses reset.

Apakah Ada Manfaat dari Reset HP Realme?

Apakah Ada Manfaat Dari Reset Hp Realme

Meskipun demikian, terdapat beberapa manfaat yang bisa dirasakan dari aktivitas pemulihan ponsel ke kondisi pabrik ini. Apa saja?

Performa Ponsel Lebih Optimal

Seluruh pengaturan yang dilakukan di HP, baik itu pengaturan default maupun pengaturan lainnya, dapat memengaruhi performanya. Sehingga proses reset ini dapat mengembalikan dan mengoptimalkan performa smartphonenya.

Bersih Dari Virus

Tak hanya itu, HP pun menjadi bersih dari virus ataupun malware yang dapat mengganggu kinerja ponsel seperti error, bug, ataupun kerusakan lainnya.

Mengosongkan Ruang Penyimpanan

Apakah ruang penyimpanan di ponsel penuh meskipun tidak memiliki banyak aplikasi maupun file? Jika iya, proses pemulihan ini dapat melonggarkan ruang penyimpanan di HP Anda dari file tidak berguna yang mungkin sulit ditemukan.

Kapan Sebaiknya Melakukan Reset?

Tak boleh sembarangan, karena ada baiknya Anda baru memutuskan untuk memulihkan ponsel ke kondisi pabrik ketika terjadi hal-hal di bawah ini:

Aplikasi Error

Aplikasi kerap error dan melakukan force close secara tiba-tiba merupakan salah satu tanda ponsel perlu segera di reset.

Sistem Lemot

Apakah kinerja sistem ponsel menjadi lebih berat, lemot, serta kerap terjadi lag secara tiba-tiba? Jika iya, factory reset dapat menjadi langkah terakhir yang bisa dilakukan.

Koneksi Jaringan Error

Koneksi jaringan buruk meskipun jaringan di daerah Anda bagus, mungkin dapat menjadi pertanda HP perlu dipulihkan ke kondisi pabrik.

Ponsel Me-restart Sendiri

Selain itu,HP yang kerap melakukan restart dengan sendirinya meskipun daya baterai masih penuh dapat menjadi pertanda adanya masalah pada sistem ponsel.

Tips Sebelum Melakukan Factory Reset

Sebelum melakukan reset HP Realme, terdapat beberapa hal harus dipersiapkan mulai dari melakukan back up SMS, aplikasi, data aplikasi, kontak, file foto, video, hingga musik. Periksa pula data manager di ponsel Anda, sehingga tidak ada file penting terlewat untuk dipindahkan.

Namun apabila ingin melakukan pemulihan HP karena perangkat tersebut ingin dijual, tak lupa untuk melakukan format memory card atau memindahkan seluruh data tersimpan di micro SD ke media penyimpanan lain. Agar nantinya seluruh data yang tersimpan di memori eksternal tersebut akan terhapus.

Itulah cara mudah reset HP Realme ke pengaturan pabrik yang dapat dicoba. Anda bisa mencoba menu settings terlebih dahulu, jika tidak berhasil maka dapat mencoba cara kedua atau ketiga bergantung dari sistem operasi ponsel Realmenya.

Baca Juga

Tinggalkan komentar