2 Cek Garansi HP Vivo dan Kebijakan Klaimnya Terbaru

Cek Garansi HP Vivo – ppdbkepri.id. Vivo adalah salah satu brand smartphone terpopuler di Indonesia. Ada banyak sekali varian produk dirilis oleh brand satu ini. Tidak hanya satu, ada beberapa seri dari Vivo booming di pasaran.

Banyak sekali keunggulan dimiliki smartphone satu ini, salah satunya adalah cek garansi HP Vivo yang begitu mudah. Untuk pengecekan garansi Vivo, Anda bisa melakukan beberapa cara sekaligus.

Anda bisa menggunakan cara online maupun offline. Namun pastinya semua cara tersebut bisa dilakukan dengan sangat mudah. Tapi tentu saja ada beberapa syarat dan ketentuan harus Anda penuhi sebelumnya.

Cara Cek Garansi Hp Vivo Dengan Mudah

Cara Cek Garansi HP Vivo dengan Mudah

Untuk melakukan pengecekan garansi Vivo ada beberapa langkah-langkah yang harus Anda lakukan. Tenang saja karena langkah-langkah ini sama sekali tidak sulit.

Di sisi lain, ada beberapa persyaratan harus dipersiapkan sejak awal. Langsung saja ikuti penjelasan cara cek garansi HP Vivo selengkapnya dibawah ini.

Syarat-syarat yang harus dipenuhi

  • Nomor IMEI Smartphone Vivo
  • Koneksi Internet (jika dilakukan secara online)
  • Browser (Sangat direkomendasikan untuk menggunakan Chrome karena kompatibel dengan banyak situs)

Tanpa syarat-syarat tersebut, tentu saja proses pengecekan garansi sama sekali tidak dapat dilakukan. Karena itu langkah pertama akan kita mulai dengan cara cek IMEI pada smartphone masing-masing.

1. Cara Cek IMEI

Ada tiga cara bisa pelanggan lakukan untuk melakukan pengecekan email. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Cara pertama adalah dengan membuka menu telepon, lalu ketikan kode telepon *#06#. Secara otomatis IMEI akan muncul pada layar telepon pelanggan.
  • Cara kedua adalah membuka menu Setting atau Pengaturan, kemudian tap menu pengaturan lain dan pilih opsi tentang Ponsel. Disini akan muncul menu FunTouch dan terlihat nomor IMEI smartphone Anda.
  • Cara terakhir adalah melihat kotak dus smartphone Vivo yang dibeli (jika masih ada). Lihat bagian bawah box, ada stiker berwarna putih. Pada stiker tersebut ada nomor IMEI telepon Vivo Anda.

Dengan salah satu dari cara yang kami sampaikan di atas, nomor IMEI akan didapatkan. Kini kita bisa lanjut ke tahap pengecekan garansi HP Vivo itu sendiri.

2. Cara Cek Garansi Vivo

Untuk melakukan pengecekan garansi HP Vivo, caranya tidak kalah mudah. Hanya beberapa langkah saja yang perlu dilakukan dan info terkait jaminan satu ini akan langsung muncul pada smartphone Anda.

Langsung saja ini penjelasannya.

  • Pertama pelanggan hanya perlu membuka Browser pada perangkat masing-masing
  • Setelah masuk ke homepage browser, langsung saja masuk ke alamat pengecekan jaminan Vivo di https://www.vivo.com/id/support/IMEI
  • Masukkan kode IMEI pada kolom yang tersedia
  • Centang poin persetujuan data yang ada di bawahnya
  • Langsung saja klik opsi Kirim yang ada di bawah
  • Tunggu sejenak hingga situs memproses permintaan Anda
  • Setelah ini akan langsung tampil informasi mengenai garansi perangkat yang dimiliki

Poin terpenting yang harus pelanggan lihat adalah jangka waktu jaminan. Ketika jangka waktunya masih aktif, tentu saja bisa melakukan klaim garansi tersebut.

Maka untuk sesegera mungkin dengan mengunjungi service center Vivo terdekat di wilayah masing-masing. Agar masa garansi masih bisa diselamatkan dan berguna.

Untuk lokasi service center terdekat di wilayah pelanggan, silakan cek langsung di alamat http://www.vivo.com/id/support/serviceCenter. Situs akan memberikan rekomendasi Service Center terdekat sesuai dengan lokasi Anda.

Kebijakan Garansi Ponsel Vivo

Kebijakan Garansi Ponsel Vivo

Setelah memahami bagaimana cara cek garansi HP Vivo di atas, pelanggan bisa langsung melakukan klaim. Namun penting untuk diketahui kalau dalam proses klaim ini ada kebijakan jaminan yang harus dipatuhi.

Jika tidak, bisa jadi garansi akan dianggap batal. Berikut ini beberapa kebijakan tersebut.

1. Aturan Penggantian atau Perbaikan

Hal pertama yang sangat penting untuk dipahami adalah aturan perbaikan itu sendiri. Ini aturan yang sudah ditetapkan oleh pihak Vivo.

  • Kebijakan jaminan yang ada di dalam poin-poin ini hanya berlaku untuk smartphone yang dijual di Indonesia.
  • Apabila ponsel mengalami kerusakan fungsional, penggantian unit secara gratis akan diberikan oleh Vivo dalam kurun waktu 15 hari pasca pembelian. Perbaikan tersebut juga mendapatkan jaminan 1 tahun ke depan.
  • Untuk perangkat headset kabel, USB, charger dan baterai, masa garansi yang diberikan hanya¬†6 bulan saja sejak konsumen melakukan pembelian.
  • Konsumen harus memperlihatkan bukti pembelian yang sah berikut kartu garansi ketika mereka hendak mengklaim layanan perbaikan atau garansi penggantian ini.
  • Garansi yang diberikan oleh Vivo ini tidak mencakup buku panduan dan kartu garansi.

2. Petunjuk Garansi Perbaikan

Hal lain yang tidak kalah penting untuk dipahami adalah petunjuk garansi HP Vivo pada perbaikan. Ini dia beberapa petunjuk yang sudah diberikan oleh Vivo.

  • Layanan unduh aplikasi, pembersihan, pengecekan, pemulihan sistem dan upgrade diberikan secara gratis oleh Vivo dan tidak dipungut biaya apapun.
  • Garansi hanya akan diberikan apabila ponsel digunakan secara normal.
  • Klaim jaminan perbaikan ini bisa dilakukan di cabang Vivo manapun di Indonesia.
  • Semua suku cadang dan aksesoris yang diganti dalam proses garansi menjadi milik Vivo.

3. Hal yang Membatalkan Garansi

Perlu dipahami, ada beberapa poin penting yang membuat garansi HP Vivo menjadi batal. Tentunya hal ini tidak ingin Anda rasakan, maka wajib untuk menyimak pembahasan ini.

Berikut poin-poin tersebut.

  • Masa garansi produk sudah kadaluarsa.
  • Pelanggan tidak bisa memperlihatkan bukti pembelian yang valid dan tidak bisa memperlihatkan bukti garansi ponsel masih aktif.
  • Bukti pembelian yang dimiliki pelanggan tidak sama dengan label informasi pada perangkat.
  • pelanggan sudah merubah informasi data pembelian yang sah.
  • Ponsel mengalami kerusakan akibat kelalaian pengguna.
  • Ponsel rusak akibat kondisi yang terlalu lembab dan atau kemasukan air.
  • Pelanggan melakukan perbaikan di tempat service lain di luar naungan Official Service Center Vivo.
  • Ponsel mengalami kerusakan akibat bencana alam seperti gempa, banjir, tanah longsor, kebakaran.
  • Ponsel rusak akibat penggunaan aksesori (misal Charger) yang tidak sesuai standar Vivo.

4. Wajib Untuk Diperhatikan Ketika Melakukan Perbaikan

Selain beberapa poin penting yang sudah kami jelaskan di atas, ada juga beberapa poin penting lain yang harus Anda perhatikan ketika hendak melakukan klaim produk Vivo.

Berikut ini poin-poinnya tersebut.

  • Pastikan untuk melakukan pencadangan data ketika Anda hendak melakukan service. Vivo tidak bertanggung jawab atas resiko kehilangan data seperti ini ketika proses service selesai dilakukan.
  • Agar klaim pelanggan disetujui oleh pihak Vivo, pastikan untuk membawa bukti pembelian yang sah. Jangan sampai bukti pembelian tersebut rusak atau robek karena ini akan sangat berpengaruh terhadap Acc klaim garansi.
  • Apabila kendala berhubungan dengan aksesori, maka penting bagi Anda untuk membawa aksesoris tersebut ketika proses klaim hendak dilakukan. Sertakan bukti pembelian yang sah jika aksesori dibeli secara terpisah.
  • Apabila kendala berhubungan dengan metode pengisian daya atau charging, pengisi daya juga harus dibawa.

Penutup

Selain memahami cara cek garansi HP Vivo, kebijakan yang sudah dijelaskan di atas tidak kalah penting untuk dipahami. Karena bisa berpengaruh besar terhadap kelancaran proses klaim jaminan yang sedang dilakukan.

Tentunya pergunakan kesempatan waktu garansi dengan baik untuk mendapatkan service gratis yang diberikan oleh pisak Vivo. Semoga bermanfaat untuk kita semua dan jangan lupa bersyukur hari ini.

Baca Juga

Tinggalkan komentar