Cek Touchscreen HP Realme dengan Mudah dan Cepat

Cek Touchscreen HP Realme – ppdbkepri.id. Teknologi layar sentuh kini ditanamkan pada berbagai perangkat, salah satunya smartphone. Telepon seluler merk Realme tidak ketinggalan dengan membekali fitur tersebut sehingga mendukung aktivitas pengguna lebih mudah.

Untuk dapat terus digunakan secara normal dan baik, maka penting melakukan cek touchscreen HP Realme secara berkala. Laya mempunyai fungsi penting pada gadget karena merupakan sebuah komponen untuk menampilkan perintah atau visualisasi.

Dengan grafis yang bagus serta teknologi touchscreen HP Realme canggih, memberikan rasa nyaman ketika menggunakannya. Pemakaian yang disentuh tidak lagi membutuhkan tombol-tombol banyak yang menyimpan kekurangan tersendiri.

Cek Touchscreen Hp Realme Dengan Mudah Dan Cepat

Apa Itu Touchscreen?

Sebelum membahas bagaimana cara melakukan pengecekan layar sentuh, alangkah baiknya mengenal apa yang dimaksud touchscreen tersebut. Ini merupakan screen yang dapat menerima respon berupa sentuhan atas berbagai perintah.

Bentuknya berupa screen transparan yang mampu mengolah perintah dan ditampilkan melalui screen display. Berbeda dengan telepon seluler yang menggunakan masukan berupa tombol-tombol.

Di dalamnya tetap terdapat display screen tetapi fungsinya hanya sebatas visualisasi saja. Sementara itu, touchscreen sebagai teknologi dan komponen mempunyai fungsi eksekusi masukan serta menampilkan hasilnya dalam tampilan grafis.

Penggunaan layar sentuh menghadirkan kelebihan, salah satunya tidak memerlukan tombol-tombol yang bisa menimbulkan suara berisik. Selain itu lebih praktis serta mudah dalam mengoperasikannya untuk berbagai aktivitas.

Cek Touchscreen HP Realme dengan Mudah dan Cepat

Ada beberapa tips untuk cek touchscreen HP Realme yang dapat untuk dilakukan oleh siapa saja, bahkan untuk Anda yang awam sekalipun. Lalu bagaimana caranya? Berikut uraiannya yang telah admin rangkum untuk Anda semuanya.

1. Melalui Tampilan

Cara pertama yang paling mudah dalam melakukan pengecekan kondisi screen adalah memakai mata telanjang. Dari tampilan visual telepon pintar, Anda bisa melihat secara langsung apakah bagus atau terdapat gangguan tertentu.

Sebagai contoh jika LCD tampak mengeluarkan garis-garis hitam di layarnya, maka dapat diindikasikan terjadi error. Ciri lainnya terjadinya masalah pada screen adalah keretakan yang dapat dilihat secara fisik.

Ini ditandai dengan garis berwarna hitam yang mengganggu atau menutupi tampilan layar itu sendiri. Selain itu bisa berupa tarikan benang panjang dengan bentuk horizontal maupun vertikal.

Tentu saja jika sudah seperti ini membutuhkan penanganan lebih lanjut. Layar sentuh yang terdapat gangguan berupa garis-garis tersebut akan menghambat berbagai perintah atau masukan.

Dengan demikian pada titik tertentu tidak dapat disentuh atau hasil masukannya justru salah/error. Anda dapat segera memperbaikinya melalui tempat servis resmi sehingga ditangani oleh tenaga ahli di bidangnya.

2. Kode Rahasia

Metode pemeriksaan selanjutnya adalah dengan menggunakan kode. Setiap smartphone dibekali kode rahasia ini, begitu juga Realme. Hal tersebut dapat membantu mengecek kondisi LCD.

Berikut adalah cara selengkapnya untuk dapat Anda terapkan.

  • Buka Menu ‘Telepon‘ di hp
  • Masukkan kode *#808#
  • Cek sensitivitas dengan geser ke kanan
  • Pilih ‘Device Debugging
  • Gulirkan layar ke bawah lalu klik opsi ‘Touchscreen

Secara otomatis akan muncul 3 metode pemeriksaan layar sentuh. Berikut adalah penjelasannya.

Touchscreen Auto Test

Metode ini akan membantu menguji kondisi layar sentuh secara otomatis. Dengan demikian dapat langsung terlihat apabila terjadi kerusakan.

Anda harus menunggu beberapa saat untuk mendapatkan hasil laporan. Apabila hasilnya ‘Pass’ artinya layar berada pada kondisi normal, namun jika ‘Filed’ mengindikasikan adanya error.

Handwriting

Menguji kesehatan screen juga dapat dilakukan adalah handwriting atau tulis tangan. Pada cara ini Anda akan melakukan corat-coret pada laman layar kosong.

Menggunakan metode satu ini dapat mendeteksi adanya kerusakan titik tertentu yang ketika Anda gambari tidak bisa muncul garis/bentuknya. Gambarlah sampai ke sudut-sudut layar.

Verification

Untuk metode Verification merupakan sebuah pilihan mengecek secara manual. Anda akan diarahkan pada pemeriksaan layar secara manual. Ikuti langkah-langkahnya sampai selesai.

Tes pengecekan keadaan layar melalui kode ini mempunyai sejumlah indikasi seperti, kepekatan warna merah, hitam, biru, dan lainnya. Selain itu, warna layar sehat ditunjukkan pada LCD secara penuh.

Sedangkan apabila ditemukan titik berwarna putih, maka dapat menjadi tanda terjadinya kerusakan.

Cara Cek Touchscreen Menggunakan Bantuan Aplikasi

Cara cek keadaan touchscreen HP Realme juga dapat Anda lakukan dengan mengunduh aplikasi pihak ketiga melalui Play Store. Ada banyak sekali pilihan aplikasinya, namun terdapat sejumlah rekomendasi terbaik seperti berikut ini.

1. Fix Dead Pixels

Aplikasi pertama yang dapat Anda pilih adalah Fix Dead Pixels. Ini membantu dalam melakukan deteksi kesehatan layar sentuh dengan mengece piksel rusak kemudian melakukan perbaikan.

Layar LCD yang merupakan komponen penting dalam smartphone terdiri dari piksel-piksel, sehingga apabila terjadi kerusakan dapat langsung dilihat. Cara untuk menggunakan aplikasi ini adalah sebagai berikut:

  • Unduh aplikasinya melalui Google Play Store
  • Pasang sampai berhasil
  • Jalankan app-nya
  • Tekan Menu ‘Color
  • Pilih pilihan warna sesuai keinginan
  • Jika ada satu titik di layar yang warnanya berubah, maka ganti tes lainnya
  • Lakukan perbaikan, dengan klik menu ‘Fix It
  • Tap tombol ‘OK
  • Proses perbaikan membutuhkan waktu selama kurang lebih 30 menit

Dalam melakukan tahapan di atas akan muncul sebuah peringatan kegiatan tersebut bisa saja membuat penglihatan Anda lelah. Oleh sebab itu jauhkan layar dengan jarak tepat alias tidak terlalu dekat dengan mata.

2. Touchscreen Test

Touchscreen Test merupakan aplikasi pendeteksi kerusakan pada layar sentuh smartphone dengan memakai cara menarik. Diagnosa masalah dilakukan dengan memakai metode blank grid yang jika disentuh akan berubah warnanya.

Dengan begitu jika ada dead zone akan langsung terdeteksi karena warnanya tidak bisa berubah. Untuk langkah diagnosa dapat Anda ikuti sebagai berikut:

  • Unduh dan pasang aplikasi Touchscreen Test melalui Play Store
  • Buka aplikasinya
  • Pada tampilan awal akan terlihat dots/titi-titik berwarna putih
  • Gesek seluruh titik-titik putih hingga berubah warna menjadi hijau

Apabila dalam melakukan cara di atas semua titik berubah warnanya menjadi hijau, maka menunjukkan keadaan touchscreen HP Realme yang normal. Apabila ada dots tertentu tidak berubah, itu menjadi tanda kerusakan.

Keuntungan Smartphone Memakai Teknologi Touchscreen

Keuntungan Smartphone Memakai Teknologi Touchscreen

Seperti yang Anda ketahui pada telepon seluler zaman dahulu masih menggunakan keypad. Sementara era modern seperti sekarang sudah ditinggalkan dengan memakai teknologi layar sentuh.

Lalu apa saja kelebihan dari adanya penggunaan teknologi touchscreen ini. Simak penjelasannya di bawah.

Layar Lebih Luas

Pemakaian touchscreen pada sejumlah jenis gawai saat ini membuat tampilan layar semakin luas. Ini terjadi karena tidak ada lagi ruang untuk meletakkan tombol-tombol yang banyak.

Fungsi keypad tersebut diganti memakai layar sentuh dengan menekan perintah tertentu hanya dengan menggunakan sentuhan saja. Melakukan berbagai aktivitas semakin terasa memuaskan.

Desain Terasa Compact

Desain yang dihadirkan telepon pintar Realme yang sudah memakai layar sentuh juga terasa lebih compact. Semua fungsi tersembunyi sampai Anda membuka atau memasukkan command tertentu, seperti ketika akan mengetik.

Papan keyboard akan langsung otomatis keluar. Jika tidak digunakan tentu tidak akan tampil di display screen.

Penutup

Itulah ulasan tentang bagaimana cara cek touchscreen HP Realme yang mampu untuk Anda lakukan sendiri. Terdapat sejumlah metode diagnosa kondisi layar sentuh supaya jika terjadi kerusakan bisa langsung memperbaikinya.

Baca Juga

Tinggalkan komentar