7 Cara Cek Touchscreen HP Xiaomi LCD dengan Kode Terbaru

Cek Touchscreen HP Xiaomi – ppdbkepri.id. Hampir seluruh ponsel telah mengadopsi teknologi touchscreen, salah satunya adalah Xiaomi. Hal ini bertujuan untuk memudahkan para penggunanya dalam mengoperasikan.

Masih sering timbul beberapa masalah sehingga penggunanya harus cek touchscreen HP Xiaomi guna memastikan semua fungsi normal. Xiaomi memang terkenal selalu menghadirkan ponsel murah namun memiliki spesifikasi kelas atas.

Tidak heran jika Xiaomi telah berhasil merebut banyak hati pengguna smartphone di Indonesia. Bisa dibayangkan, hanya dengan uang satu juta rupiah, pengguna mendapatkan fitur sangat lengkap untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Cara Cek Touchscreen Hp Xiaomi Dengan Mudah

Mengenal Tentang Touchscreen

Touchscreen adalah sebuah inovasi dalam bidang teknologi dan termasuk ke dalam kategori perangkat input. Konsepnya sama seperti perangkat input lainnya seperti keyboard, hanya saja ini berupa sentuhan jari ataupun pen.

Pengguna tidak memerlukan keyboard atau mouse ketika ingin mengoperasikan perangkat, yakni cukup melakukan sentuhan pada layar.

Karena dianggap memiliki dampak cukup besar dalam memudahkan kepentingan operasi perangkat, akhirnya teknologi seperti touchscreen HP Xiaomi ini mulai diaplikasikan ke berbagai alat seperti mesin ATM, laptop, televisi, dan lain-lain.

Namun perlu diingat adalah penggunaannya harus ekstra hati-hati karena jika terjadi kerusakan, biaya perbaikannya bisa dibilang tidak sedikit. Serta kebanyakan user akan memilih untuk membeli HP baru daripada harus menservisnya.

7 Cara Cek Touchscreen HP Xiaomi LCD tanpa Ribet

Mengecek kondisi layar sentuh pada HP cukup penting, terlebih ketika sedang ingin membeli ponsel bekas. Bisa jadi karena penggunaan kurang baik oleh pemakai sebelumnya ada beberapa bagian pada layar yang tidak bisa disentuh.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mempelajari beberapa cara cek touchscreen HP Xiaomi yang telah PPDBKepri berikan di bawah ini.

1. Memeriksa Touchscreen Menggunakan Kode di Dial Number

Cara ini bisa dikatakan sangat mudah dilakukan dan cocok digunakan ketika sedang membeli handphone bekas. Anda cukup membuka menu Dial lalu ketikkan kode *#*#64663#*#*.

Kode tersebut berfungsi untuk masuk ke mode tes hardware. Setelah mengetikkan kode ini, akan muncul beberapa menu guna mengetes performa handphone, salah satunya adalah pengecekan kondisi touchscreen HP Xiaomi.

2. Menguji Sensitivitas Layar

Masih terkait dengan langkah sebelumnya, Anda akan mendapati berbagai macam menu. Untuk masuk ke uji sensitivitas layar, pilih nomor 4 atau Touch Sensor, nantinya akan muncul beberapa kotak pada layar.

Sentuh semua kotak tersebut, apabila semua kotak berwarna hijau saat disentuh, artinya layar dalam kondisi baik. Sebaliknya, jika ketika bagian disentuh tidak berubah hijau berarti ada masalah di bagian tersebut.

3. Menggunakan Aplikasi

Selain cara di atas, Anda bisa menggunakan aplikasi untuk cek touchscreen HP Xiaomi. Aplikasinya bisa diunduh secara gratis melalui Play Store maupun App Store.

Pastikan memilih yang memiliki rating di atas 4. Sebagai rekomendasi, di bawah ini akan dijelaskan beberapa aplikasi tersebut sehingga Anda tinggal memilih mana paling cocok digunakan.

Aplikasi untuk Mengecek Kondisi Layar Sentuh

Ada beberapa opsi dengan menggunakan aplikasi tambahan apabila dibutuhkan, berikut untuk daftarnya.

1. MultiTouch Test

Mengalami masalah layar tidak bisa disentuh adalah hal tidak menyenangkan. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk memastikan apakah ada bagian yang bermasalah.

Selain tidak bisa disentuh, beberapa masalah kerap terjadi adalah multi touch tidak bisa digunakan. Padahal, di beberapa kondisi multi touch sangat penting agar lebih efektif dalam melakukan tugas.

Download Dibawah Ini

MultiTouch Tester
MultiTouch Tester
Developer: 511plus
Price: Free

2. Touchscreen test

Selain aplikasi di atas, Anda bisa menggunakan aplikasi Touchscreen Test. Sesuai dengan namanya, aplikasi Touchscreen test berfungsi melakukan tes pada perangkat khususnya layar sentuh apakah terdeteksi ada masalah atau tidak.

User interface aplikasi ini terbilang cukup ramah, bahkan bisa mudah dipahami oleh para pengguna baru. Tidak ada salahnya mencoba terlebih dahulu.

Download Dibawah Ini

Touchscreen Test
Touchscreen Test
Developer: Anton Mokshyn
Price: Free

3. Fix Dead Pixels

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini berfungsi memeriksa apakah ada dead pixel pada layar. Mungkin kasus dead pixel ini tidak mempengaruhi performa mesin.

Akan tetapi, bagi beberapa orang terutama yang sangat memikirkan tampilan, dead pixel pasti sangat mengganggu. Terlebih lagi jika sudah banyak muncul dead pixel.

Gunakan Fix Dead Pixels untuk mengecek hal tersebut agar tidak tambah banyak dan akan menjadikan layar HP tidak nyaman digunakan.

Download Dibawah Ini

tote Pixel Behandlung
tote Pixel Behandlung
Developer: ZooxSoft
Price: Free

4. Display Tester

Terakhir bisa dicoba setelah mencoba ketiga aplikasi di atas. Setiap orang mungkin memiliki kecocokan masing-masing terhadap sebuah tools. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba yang satu ini.

Jangan khawatir, Display Tester bisa diunduh secara gratis dan tidak membutuhkan ruang penyimpanan cukup besar saat melakukan instalasi.

Download Dibawah Ini

Display Tester
Display Tester
Developer: Braintrapp
Price: Free

Cara Menjaga Touchscreen HP Xiaomi agar Tetap Awet

Cara Menjaga Touchscreen Hp Xiamoni Agar Tetap Awet

Setelah melakukan cek touchscreen HP Xiaomi menggunakan cara di atas, maka selanjutnya bisa memutuskan langkah berikutnya. Jika kondisi layar bermasalah, lebih baik bawa ke tempat servis agar masalahnya tidak bertambah besar.

Namun jika kondisi layar baik-baik saja, maka tetap lakukan perawatan sebaik mungkin. Berikut ini adalah beberapa cara menjaga touchscreen agar tetap awet.

1. Jangan membersihkan layar sembarangan

Mendapati kotoran pada layar memang cukup mengganggu dan secara otomatis akan timbul rasa untuk segera membersihkannya. Akan tetapi, membersihkan layar tidak boleh sembarangan.

Selain agar kotoran bisa bersih sempurna, beberapa bahan pembersih justru bisa membuat komponen ponsel menjadi terganggu. Gunakan tisu kering bersih atau kain micro fiber ketika membersihkan debu.

Apabila ada kotoran menempel cukup bandel, gunakan cairan khusus pembersih layar.

2. Memasang anti gores

Pada beberapa kasus, biasanya pembelian handphone baru sudah otomatis terpasang pelindung layar atau anti gores. Akan tetapi, jika tidak mendapatkannya, segera pasang pelindung layar.

Fungsi benda adalah menjaga dari goresan benda tajam seperti pisau, kunci, koin, dan lain-lain. Perlu diperhatikan, setiap ponsel memiliki ukuran berbeda-beda. Jadi pastikan anti gores tersebut sudah cocok dengan HP Anda.

3. Mengoperasikan dengan lembut

Teknologi ini sudah didesain sedemikian rupa sehingga sentuhan kecil pun sudah mendapatkan respons oleh sistem. Jadi, Anda tidak perlu menekan terlalu keras touchscreen HP Xiaomi jika kondisi masih normal.

Terlalu keras menekan layar bisa menyebabkan kerusakan pada sensor. Akibatnya, sensitivitas semakin lama bisa semakin berkurang dan apabila dipencet akan susah untuk merespon.

Hal ini disebabkan terlalu kuat jari kita dalam menekan sebuah layar HP. Maka dibiasakan mulai dari sekarang untuk memencet layar dengan santai saja.

4. Hindari kontak dengan kuku

Memiliki kuku yang panjang? Sebaiknya segera potong kuku tersebut. Maka hindari kontak antara layar dan kuku.

Meskipun sudah dipasang anti gores, terlalu sering mengoperasikan smartphone menggunakan kuku bisa berdampak buruk. Teknologi ini didesain merespons sentuhan jari, bukan kuku.

Agar lebih aman, pastikan kuku pendek saja agar ketika mengoperasikan tidak terkena kuku secara tidak sengaja.

5. Jangan menyimpan di kantong celana

Hal ini bukan sebuah keharusan namun lebih baik jika dilakukan. Sebisa mungkin hindari menyimpan ponsel di saku celana.

Alasannya cukup sederhana, yakni menghindari adanya gesekan antara layar dengan benda keras seperti kunci atau koin.

Penutup

Itulah beberapa cara cek touchscreen HP Xiaomi baik menggunakan aplikasi maupun tidak. Perlu diketahui, cara di atas adalah hanya sekadar untuk mengecek saja.

Apabila terdapat masalah, tetap harus membawa ke tempat servis ataupun dibongkar sendiri apabila mempunyai ilmu yang sudah cukup. Namun saran admin tetap dibawa ketempat service center agar mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga

Tinggalkan komentar