5 Cara Menggunakan HDMI Dongle Anycast ke TV Terbaru

Cara Menggunakan HDMI Dongle Anycast ke TV – ppdbkepri.id. Berbicara mengenai HDMI dongle Anycast, saat ini masyarakat harus mulai mengetahuinya. Pasalnya dengan alat tersebut berbagai aktivitas akan lebih mudah dilakukan seperti menampilkan layar ponsel pada TV.

Seperti kita ketahui, menonton video di ponsel memang mengasyikkan. Akan tetapi jika hal tersebut dilakukan terlalu lama, kondisi mata pasti akan terganggu dan badan terasa pegal terutama ketika menonton dengan posisi tubuh tidak benar.

Oleh karena itu menggunakan HDMI dongle Anycast ke TV akan membantu mengatasi masalah tersebut. Mengenai cara penggunaannya Anda bisa menyimak pembahasan pada kali ini.

Cara Menggunakan HDMI Dongle Anycast ke TV Terbaru

Apa itu HDMI Dongle Anycast untuk TV?

Sebelum membahas tentang cara menggunakan HDMI dongle Anycast ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai hal yang lebih mendasar. Dengan demikian nantinya ketika mengikuti cara tersebut akan jauh lebih mudah.

Seperti telah disinggung di bagian sebelumnya, dongle Anycast merupakan alat yang mampu menampilkan layar handphone ke televisi. Bukan hanya LED TV saja, namun TV tabung juga bisa menggunakan alat tersebut asalkan spesifikasinya masih mendukung.

Satu-satunya syarat yang harus dipenuhi adalah televisi tersebut sudah memiliki port HDMI. Namun jika perangkat belum memilikinya, Anda masih bisa menggunakan converter RCA to HDMI untuk televisi tabung.

Cara Menggunakan HDMI Dongle Anycast ke TV dengan Mudah

Di bagian ini akan dijelaskan mengenai bagaimana cara menggunakan HDMI dongle Anycast ke TV. Pastikan Anda sudah menyiapkan seluruh perlengkapan yang dibutuhkan.

Berikut caranya

1. Memasang Anycast pada port HDMI

Pasang alat pada port HDMI. Port ini biasanya terletak di bagian belakang atau samping televisi dekat dengan saluran RCA. Akan lebih baik jika Anda memiliki televisi yang sudah mempunyai port tersebut. Jika belum maka Anda perlu membeli converter RCA to HDMI.

2. Sambungkan alat pada daya

Selanjutnya sambungkan dongle Anycast ke daya listrik. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan yakni menyambungkan kabel USB ke televisi, menggunakan kepala charger, atau memakai power bank.

3. Mengecek layar televisi

Ketika dongle Anycast sudah tersambung maka akan muncul menu bawaan di layar. Terdapat dua menu yang dapat dipilih yakni Miracast dan Airplay & DLNA.

Miracast biasanya dipakai untuk menghubungkan perangkat Android ke televisi. Sementara itu Airplay & DLNA dipakai untuk menghubungkan perangkat iOS dan sering digunakan keperluan streaming.

4. Memilih menu

Apabila Anda menggunakan perangkat iPhone maka silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Pilih menu Airplay & DLNA
  • Buka fitur Wi-Fi pada perangkat
  • Hubungkan dengan Anycast
  • Masukkan kata sandi Anycast sesuai angka yang terdapat pada televisi
  • Buka menu Control Center
  • Klik menu Screen Mirroring
  • Sambungkan dengan Anycast
  • Selesai

Sementara itu untuk perangkat Android pastikan untuk mengikuti langkah berikut.

  • Pilih opsi Miracast
  • Download aplikasi Miracast di Google Play Store
  • Buka fitur Wi-Fi pada ponsel
  • Hubungkan dengan Anycast
  • Masukkan kata sandi Anycast sesuai yang ditampilkan di layar
  • Buka Miracast
  • Klik Connect
  • Selesai

5. Periksa kembali layar TV

Setelah melakukan langkah-langkah di atas silahkan lihat kembali tampilan pada televisi. Pastikan bahwa layar sudah sesuai dengan tampilan ponsel.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan HDMI Dongle Anycast

Setelah melakukan cara menggunakan HDMI dongle Anycast di atas Anda juga perlu mengetahui kelebihan serta kekurangannya. Lalu apa saja itu?

1. Lebih aman untuk mata

Terlalu lama menonton layar ponsel dapat menyebabkan gangguan pada mata seperti mata minus, mata berair, hingga pusing kepala. Dengan menggunakan dongle Anycast, Anda bisa melihat layar ponsel di televisi.

Hal ini sangat cocok untuk menonton video dengan durasi yang lama karena layar TV cenderung lebih aman. Anda dapat menonton dari jarak yang cukup jauh sehingga radiasi ke mata akan berkurang.

2. Mendukung berbagai merk perangkat

Selanjutnya bisa digunakan untuk berbagai perangkat mulai dari Android hingga iOS. Selain itu berbagai jenis televisi juga tidak terlalu masalah asalkan memenuhi persyaratannya.

Hal ini tentu menjadi keuntungan tersendiri mengingat banyak merk ponsel yang sudah mendukung fitur menarik ini. Jadi Anda tidak perlu terlalu khawatir mengenai apakah perangkat bisa digunakan atau tidak.

3. Baterai boros

Di sisi lain dengan menghubungkan ponsel ke televisi, artinya konsumsi baterai akan cenderung lebih boros. Oleh karena itu ketika ingin menyambungkan pastikan ponsel memiliki daya yang penuh.

Jadi jika memang ponsel Anda memiliki masalah seperti baterai yang boros, sebaiknya jangan terlalu berharap bisa menikmati fitur maksimal dari Anycast.

4. Layar harus selalu hidup

Satu hal yang perlu diketahui adalah layar harus selalu dalam kondisi hidup. Ketika layar ponsel mati, maka saluran akan terputus dan di layar televisi juga akan hitam saja.

Pertanyaan Seputar Menggunakan HDMI Dongle Anycast ke TV

Pertanyaan Seputar Menggunakan HDMI Dongle Anycast ke TV

Beberapa orang mungkin akan mengalami kendala atau kebingungan ketika melakukan cara di atas. Oleh karena itu, Anda bisa menyimak beberapa pertanyaan seputar hal tersebut berikut.

1. Apakah harus menggunakan Wi-Fi

Dalam langkah-langkah di atas semua metode yang digunakan adalah memakai Wi-Fi baik itu Android maupun iOS. Oleh karena itu cara ini memang harus menggunakan Wi-Fi.

Jadi pastikan bahwa ponsel Anda tidak mengalami masalah pada fitur Wi-Fi. Jika memang mengalami masalah, Anda bisa menggunakan cara alternatif seperti alat penangkap Wi-Fi eksternal.

2. Kenapa anycast tidak terdeteksi oleh televisi?

Hal ini memang kerap terjadi karena cara di atas tidak selalu langsung berhasil. Apabila Anycast tidak terdeteksi oleh televisi, mungkin terdapat masalah pada alat tersebut.

Kemungkinan lainnya adalah bahwa TV Anda yang bermasalah. Untuk mengeceknya Anda bisa mencoba Anycast di televisi lainnya.

Apabila di TV lain alat tersebut terdeteksi, berarti masalah memang berada pada TV. Akan tetapi jika di TV lain tetap tidak terdeteksi, kemungkinan masalah terdapat pada dongle Anycast.

3. Bagaimana menggunakan HDMI dongle Anycast ke TV LG?

Pada dasarnya cara yang telah dijelaskan di atas berlaku untuk sebagian besar merk TV. Jadi untuk TV LG Anda hanya perlu memperhatikan langkah tersebut dengan baik.

4. Apakah harus menggunakan aplikasi Miracast?

Untuk pengguna Android Anda memang wajib menggunakan aplikasi tersebut untuk bisa terhubung dengan perangkat. Sementara itu bagi pengguna iOS dapat menggunakan DLNA.

Anda tidak perlu khawatir karena Miracast bisa diunduh secara gratis di Google Play Store. Selain itu ukuran aplikasi juga tidak terlalu besar sehingga tidak akan memenuhi ruang penyimpanan ponsel.

Penutup

Jadi itulah tadi pembahasan lengkap tentang cara menggunakan HDMI dongle Anycast ke TV dengan mudah. Pastikan Anda mengikuti langkah demi langkah agar tidak terjadi masalah ketika proses penyambungan.

Baca Juga