10 Cara Mengatasi HP Xiaomi Cepat Panas dan Penyebabnya

Cara Mengatasi HP Xiaomi Cepat Panas – ppdbkepri.id. Sebenarnya ada banyak cara untuk mengatasi HP Xiaomi yang biasanya cepat panas dengan melakukan tindakan mudah. Sayangnya beberapa orang masih belum mengetahui dan cenderung panik terlebih dahulu.

Handphone yang panas memang cukup wajar terjadi, terlebih lagi jika digunakan dengan terlalu lama. Selain menyebabkan komponen ponsel rusak hal tersebut berpengaruh pada performa sistem sehingga menjadi lebih lambat.

Untuk mengatasi HP Xiaomi cepat panas berikut akan dijelaskan beberapa penyebab serta solusinya. Jadi silahkan perhatikan setiap poin penjelasan apabila memang mengalami hal serupa.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Cepat Panas dan Penyebabnya

Apa Penyebab HP Xiaomi Cepat Panas?

Sebelum membahas cara mengatasi HP Xiaomi cepat panas perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Dengan mengerti apa penyebabnya maka solusi akan jauh lebih tepat dilakukan.

1. Ada masalah pada hardware

Setiap ponsel memiliki spesifikasi yang berbeda-beda dan itu berpengaruh kepada performa mesin. Beberapa mungkin memiliki masalah pada hardware dan menyebabkan mesin cepat panas saat digunakan untuk pekerjaan berat seperti game online atau multitasking.

Salah satu komponen yang cukup berpengaruh adalah prosesor. Jadi akan lebih baik jika sebelum membeli ponsel Anda cari tahu terlebih dahulu bagaimana kualitas prosesor yang digunakan.

Biasanya ketika ponsel dalam kondisi baru, masalah ini masih belum terasa. Namun setelah beberapa waktu penggunaan, performa komponen akan menurun dan menyebabkan ponsel mudah panas.

2. Kualitas sinyal buruk

Sinyal yang buruk atau lemah juga menjadi faktor kenapa handphone Xiaomi cepat panas. Hal tersebut dikarenakan ponsel akan bekerja keras untuk mendapatkan sinyal.

Biasanya sinyal di bawah 30% adalah yang paling sering menyebabkan ponsel mudah panas. Ketika mengalami kondisi tersebut, akan lebih baik untuk menghidupkan Mode Pesawat agar beban handphone tidak terlalu berat.

3. Menjalankan banyak aplikasi

Untuk menjalankan banyak aplikasi dalam satu waktu, diperlukan RAM yang memadai. Jika RAM terlalu kecil dan aplikasi yang dijalankan terlalu banyak, maka kinerja ponsel akan menjadi berat dan mudah panas.

Hal ini memang sering terjadi dan dilupakan banyak orang karena terlalu asyik membuka aplikasi. Padahal meskipun sudah keluar, aplikasi tersebut sebenarnya masih berjalan di latar belakang.

4. Bermain terlalu lama

Bermain game memang mengasyikkan dan bisa membuat seseorang lupa waktu. Banyak orang yang menghabiskan lebih dari 3 jam non stop hanya untuk bermain game.

Sayangnya hal tersebut memiliki dampak yang cukup buruk, terutama bagi kondisi ponsel. Jika game dibuka terus menerus dalam waktu lama, maka prosesor akan bekerja tanpa henti.

Solusi untuk masalah ini adalah bermainlah dalam waktu yang wajar. Ketika perangkat sudah terasa hangat, maka istirahatkan sebentar hingga kembali dingin.

5. Tingkat kecerahan terlalu tinggi

Di beberapa kondisi tertentu seperti saat di luar ruangan, terkadang layar memang harus dicerahkan agar lebih mudah untuk dilihat. Layar yang terlalu gelap juga tidak terlalu baik untuk kesehatan mata.

Namun satu hal yang perlu diingat adalah bahwa meningkatkan tingkat kecerahan merupakan salah satu faktor kenapa Xiaomi menjadi cepat panas. Jadi tidak mengherankan jika menjalankan ponsel di siang hari akan membuat ponsel mudah panas.

6. Bermain handphone sambil di charge

Ketika sedang mengisi daya ponsel seharusnya perangkat tidak boleh digunakan, apalagi untuk aktivitas yang berat. Selain membuat perangkat menjadi panas, aktivitas ini cukup berbahaya karena tidak sedikit kasus korsleting pada baterai dikarenakan menggunakan handphone sambil dicas.

Ketika sedang melakukan pengisian daya, akan ada arus listrik yang mengalir dari adaptor charger menuju ponsel. Inilah sebabnya Anda tidak boleh melakukan aktivitas berat di ponsel karena jika terkena panas akan muncul ketegangan arus.

Serta efeknya kedepan adalah baterai tanam atau tidak akan boros dan apabila teruskan akan menyebabkan HP mati sendiri. Lalu biasanya juga  baterai HP xiaomi cepat habis padahal tidak dipakai.

7. Software belum diupdate

Biasanya setiap ponsel melakukan rilis update secara berkala untuk mengatasi bug yang terdapat di versi sebelumnya. Apabila software masih menggunakan yang lama, maka perangkat tidak akan maksimal dalam menjalankan aktivitas dan dapat menyebabkan mesin cepat panas.

Pengecekan update perlu dilakukan minimal sebulan sekali. Akan tetapi pada ponsel tertentu memang tidak akan update karena perangkat tersebut sudah dihentikan oleh pihak Xiaomi.

Dengan melakukan update, sistem akan jauh lebih ringan dalam menjalankan berbagai aktivitas dan menjaga suhu perangkat tetap dingin. Lagipula update sistem sering terdapat penambahan fitur yang cukup menarik.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Cepat Panas dengan Mudah

Cara Mengatasi HP Xiaomi Cepat Panas dengan Mudah

Setelah mengetahui penyebab di atas maka Anda akan jauh lebih mudah dalam melakukan langkah mengatasi HP Xiaomi cepat panas yang tepat. Berikut beberapa yang bisa dilakukan.

1. Mengurangi kecerahan layar saat tidak diperlukan

Jika memang tidak terlalu penting sebaiknya kurangi kecerahan pada layar ponsel, terlebih jika sedang menggunakan di tempat yang gelap. Cara tersebut akan sedikit membantu agar suhu dari perangkat bisa terjaga.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengaktifkan fitur pengaturan otomatis. Namun hanya terdapat pada ponsel yang sudah dilengkapi dengan sensor cahaya.

Dengan mengaktifkan fitur tersebut kecerahan layar akan secara otomatis disesuaikan dengan kondisi lingkungan. Ketika di lingkungan yang terang, maka layar juga akan dicerahkan dan begitu juga dengan sebaliknya.

2. Cari tempat dengan sinyal yang bagus

Jika kondisi sinyal di lokasi sedang tidak bagus ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Pertama cobalah untuk mencari tempat dengan sinyal yang lebih baik.

Perhatikan apakah ada dinding atau bangunan yang menghalangi. Carilah tempat yang terbuka karena biasanya kondisi sinyal akan lebih stabil.

Kedua bisa menggunakan Wi-Fi untuk meringankan kinerja perangkat. Dengan Wi-Fi perangkat tersebutlah yang akan mencari sinyal, sedangkan ponsel hanya menangkan sinyal pancaran dari Wi-Fi.

3. Matikan aplikasi berjalan

Ketika menutup aplikasi dengan menekan tombol home sebenarnya tidak sepenuhnya keluar dari aplikasi tersebut. Anda harus menghapus aplikasi di latar belakang agar benar-benar tertutup.

Setiap tipe ponsel memiliki cara yang berbeda-beda untuk mematikan aplikasi di latar belakang. Namun pada umumnya terdapat tombol navigasi khusus di bagian kiri home untuk melihat aplikasi yang sedang berjalan di background.

Silahkan pencet tombol tersebut dan tutup semua aplikasi. Caranya akan membuat kerja sistem menjadi lebih ringan.

Kelebihan dan Kekurangan

Dengan melakukan cara mengatasi HP Xiaomi cepat panas di atas, Anda akan merasakan kondisi perangkat yang lebih dingin. Tentu saja akan berdampak pada komponen yang lebih aman dan tahan lama.

Akan tetapi dalam beberapa kasus mungkin beberapa fitur dari ponsel tidak dapat berjalan secara optimal. Sebagai contoh ketika mengaktifkan mode penghemat daya, maka performa ponsel tidak akan maksimal meskipun bisa mengurangi penggunaan daya.

Kesimpulan

Dari semua penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa ada berbagai macam cara mengatasi HP Xiaomi cepat panas tergantung dari apa penyebabnya. Oleh karena itu penting untuk mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu.

Setelah itu bisa memilih cara mengatasi dengan yang lebih tepat. Hal ini akan menghemat cukup banyak waktu dan tenaga Anda. Semoga bermanfaat dan jangan lupa tersenyum untuk hari ini.

Baca Juga

Tinggalkan komentar